Home BERITA TERBARU Satgas Yonif Mekanis 516/CY Kolakops Rem 174/ATW melaksanakan Bhakti Sosial dan Sosialisasi...

Satgas Yonif Mekanis 516/CY Kolakops Rem 174/ATW melaksanakan Bhakti Sosial dan Sosialisasi Protokol kesehatan Covid 19 menuju New Normal

68
0

BOVEN DIGOEL, MEDIA TRANSPARANCY – Indonesia mulai bersiap menyambut fase New Normal di tengah pandemi virus corona yang terus menginfeksi jutaan orang di dunia. Pemerintah telah menginstruksikan agar fase kenormalan baru ini dapat dipersiapkan dengan baik.

Maka dari itu Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin, S.I.P. mengatakan “Selain kita melaksanakan penugasan pengamanan perbatasan, kita harus membantu mensosialisasikan program pemerintah tentang Protokol kesehatan Covid 19 di Kab. Boven Digoel”.

Menindaklanjuti hal tersebut, Letda Ckm Teuku selaku Dokter Satgas Yonif Mekanis 516/CY beserta 9 orang anggota dari pos Kotis melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial dan Sosialisasi Protokol kesehatan Covid 19 di gereja Santa Bunda kampung Mawan Distrik Mandobo Kab. Boven Digoel.

Dokter Teuku menyampaikan banyak hal mengenai Bhakti Sosial dan Sosialisasi Protokol kesehatan Covid 19 tersebut kepada warga kampung Mawan Distrik Mandobo Kab. Boven Digoel antara lain;

1. Cuci Tangan

Panduan membersihkan tangan sesering mungkin, menjadi imbauan yang terus dikampanyekan.
Jaga kebersihan tangan dengan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer, jika permukaan tangan tidak terlihat kotor.
Gunakan sabun dan air mengalir, jika tangan terlihat kotor. Ikuti tahapan mencuci tangan yang baik, meliputi punggung tangan, bagian dalam, sela-sela jari dan ujung jari.

2. Menggunakan Masker

Saat Anda memiliki gejala sakit atau gangguan pernapasan, gunakan masker medis saat keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain.

3. Jaga Jarak

Agar terhindar dari paparan virus, seperti SARS-CoV-2 yang mewabah seperti saat ini, maka perlunya selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Physical distancing atau jaga jarak ini diimbau agar masyarakat tidak mendatangi kerumunan, meminimalisir kontak fisik dengan orang lain dan tidak mengadakan acara yang mengundang orang banyak.

4. Menjaga Kesehatan

Selama tidak berkegiatan di luar rumah, pastikan kesehatan fisik selalu terjaga dengan berjemur sinar matahari pagi selama beberapa menit, mengonsumsi makanan bergizi, dan melakukan olahraga ringan.

5. Isolasi Mandiri

Ini dilakukan bagi Anda yang merasa tidak sehat, seperti memiliki beberapa gejala sakit, yakni demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan atau sesak napas. Saat merasakan gejala tersebut, maka secara sadar Anda dan sukarela melakukan isolasi mandiri di rumah.

6. Hindari Menyentuh Wajah

Menghindari menyentuh area wajah, khususnya mata, hidung dan mulut, dalam kondisi tangan yang belum bersih. Tangan dapat membawa virus yang dapat diperoleh saat kita beraktivitas. Jika tangan kotor dan digunakan menyentuh wajah, maka virus dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

7. Menerapkan Etika Batuk dan bersin

Saat batuk atau bersin, tubuh akan mengeluarkan virus dari dalam tubuh. Maka virus dapat mengenai orang lain, sehingga orang tersebut dapat terinfeksi virus yang berasal dari tubuh kita. Terlepas seseorang memiliki virus corona atau tidak, etika batuk dan bersin harus dilakukan. Yakni, dengan cara menutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas bagian dalam. Selain dengan lengan, bisa menggunakan kain tisu untuk menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk, selepasnya dibuang langsung ke tempat sampah.”

“Saya sangat senang karena anggota pos Kotis memberikan kontribusi tentang Covid 19 di kampung Mawan”, pungkas kepala kampung Bpk Albertus. Semoga dengan adanya kegiatan seperti bisa memberikan dampak positif terutama kepada masyarakat Kab. Boven Digoel pada umumnya.

Penulis : Aloysius

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here