Home DAERAH Sekda: Citra UN Harus Jujur, Berintegritas dan Hasilnya Berkualitas

Sekda: Citra UN Harus Jujur, Berintegritas dan Hasilnya Berkualitas

185
0

Kota Jambi, Mediatransparancy.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, H.Ridham Priskap,SH,MH,MM berharap agar pendistribusian soal Ujian Nasional dan pelaksanaan Ujian Nasional SMP/sederajat berlangsung dengan baik. Hal itu disampaikan oleh Sekda dalam Pelepasan Pendistribusian Bahan Ujian Nasional SMP/MTs/dan Paket B Tahun Pelajaran 2015/2016, bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Jumat (6/5). Pagi.

Pelepasan pendistribusan bahan ujian nasional tersebut ditandai dengan pemberian kunci mobil yang digunakan untuk mengangkut soal ujian nasional, dari Sekda Provinsi Jambi kepada pihak Kepolisian dan pihak PT Pos Indonesia, serta pemukulan pemecahan kendi ke bagian bumper depan mobil PT Pos Indonesia oleh Sekda Provinsi Jambi.

Sekda berharap agar pendistribusian soal ujian nasional tersebut berlangsung lancar. “Kita berharap dalam penyaluran soal Ujian Nasional ini tidak ada masalah, tidak ada hambatan, tidak ada kendala, sampai ke tujuan, yakni ke kabupaten/kota, dan nanti tentu diamankan di satu tempat yang sudah disepakati dengan daerah (kabupaten/kota), supaya aman, betul-betul teerjamin, tidak ada kebocoran, tidak ada hal-hal yang menciderai pelaksanaan ujian,” ungkap Sekda.

“Insyaallah, tanggal 9 Mei (hari Senin depan), akan dilaksanakan Ujian Nasional secara serentak se Provinsi Jambi ini. Ada sekitar 60 ribu anak-anak kita, siswa siswi SMP/sederajat akan melaksanakan ujian. Tidak ada terinformasikan yang melaksanakan ujian di LP, artinya semua melaksanakan ujian di sekolah masing-masing. Ini kita syukuri,” ujar Sekda.

Sekda menekankan bahwa citra pelaksanaan Ujian Nasional adalah jujur, berintegritas, dan hasilnya berkualitas. “Satu hal yang tentu kita harapkan semua adalah bagaimana peaksanaan ujian nasional tersebut mencerminkan kejujuran, berintegritas, yang pada akhirnya kita harapkan hasilnya berkualitas. Kita sama-sama berdoa, mudah-mudahan semuanya berjalan lancar. Citra ujian nasional harus jujur, berintegritas, dan hasilnya berkualitas,” jelas Sekda.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H.Rahmad Derita, dalam laporannya meyampaikan, soal ujian nasional SMP/sederajat tersebut akan didistribusikan ke 4 zona, yaitu Zona I: Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kota Sungai Penuh, dan Kabupaten Kerinci, Zona II: Kabupaten Batanghari, Kabupaten Tebo, dan Kabupaen Muaro Jambi, Zona III: Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan Zona IV: Kota Jambi, yang dalam pendistribusannya, semuanya akan dikawal oleh personil Polda Jambi dan dipersiapkan serta didistribusikan oleh pihak PT Pos Indonesia.

Rahmad Derita menyatakan, pendistribusian soal ujian nasional ini juga dimaksudkan untuk memastikan tidak ada soal yang bocor.

Rahmad Derita menuturkan, jumlah peserta ujian nasinal SMP/sederajat se Provinsi Jambi tahun akademik 2015/2016 adalah 60.574 orang, yang terdiri dari siswa siswi SMP 56.821 orang, sisanya peserta dari paket B, SMP terbuka, dan Mustoh (Pondok Pesantren).

Rahmad Derita menambahkan, tidak ada peserta uian nasional SMP/sederajat se Provinsi Jambi tahun akademik 2015/2016yang akan melaksanakan ujian di Lembaga Pemasyarakatan.

Selain itu, Rahmad Derita berpesan kepada seluruh peserta Ujian Nasinal SMP/sederajat se Provinsi Jambi Tahun Akademik 2015/2016 untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, tidak mencari-cari soal maupun kunci jawaban.

Dir Sabhara Polda Jambi, Frankie Samosir menjelaskan, seperti pada pelaksanaan ujian nasional SLTA yang telah dilaksanakan, kekuatan Polri pada ujian nasional SMP ini, kekuatan yang diturunkan 23 orang, untuk yang mengawal pendistribusia soal Ujian Nasional, sedangkan yang melaksanakan pengamanan di tempat pelaksanaan ujian, Kapolda telah memerintahkan para Kapolres dan Kapolresta, utuk meneruskan kepada para Kapolsek, untuk terus memantau ujian yang akan dilaksanakan di sekolah masing-masing. “Jadi, kekuatan Polri dalam pelaksanaan ujian ini, bukan hanya terpatok kepada 23 orang, tetapi seluruh jajaran kepolisian siap untuk mendukung pelaksanaan ujian nasional, baik tingkat SMA/SMK yang sudah selesai, tingkat SMP yang hari Senin akan berlangsung, kemudian nanti yang terakhir pada tingkat SMP,” jelas Frankie Samosir.

“Kami dari pihak kepolisian memang sudah menyiapkan diri untuk mensukseskan pelaksanaan ujian ini. Satu pesan kami kepada seluruh anak didik, tidak perlu mempercayai hasil-hasil atau orang-orang yang memberikan bahan jawaban, itu tidak perlu karena itu menyesatkan,” tegas Frankie Samosir.

Penulis : Lia Riyan/Hms
Editor : Novita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here