banner 728x250

Selesaikan 4 Raperda, Ketua DPRD Kota Cirebon Apresiasi Tim Pansus

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – DPRD Kota Cirebon menggelar Rapat Paripurna dalam rangka persetujuan terhadap pencabutan atas Perda No. 4 tahun 2009, perubahan ketiga atas Perda No. 12 tahun 2012, perubahan atas Perda No. 11 tahun 2014 dan Raperda Kota Cirebon tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Cirebon yang berlangsung di ruang rapat Griya Sawala, Gedung DPRD Kota Cirebon, Senin (14/12/2020).

Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati, S.Pd menjelaskan dari ke-empat Raperda tersebut pihaknya membatalkan satu Perda No. 29 tahun 2009 tentang Pedoman Pembentukan Lembaga Pemasyarakatan Kelurahan di Kota Cirebon.

judul gambar

“Karena Perda ini sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini dan sudah dipertimbangkan dengan matang, mungkin dari hasil tim asistensinya juga,” jelasnya.

Selain itu pihaknya kerap berkonsultasi dengan pusat, namun tidak menemukan titik terang. Alhasil, dilakukan penyesuaian dengan mencabut Perda tersebut.

Disisi lain, meski masih dalam masa pandemi Covid-19 dan tidak memenuhi target, dirinya tetap mengapresiasi langkah tim pansus yang telah bekerja maksimal memparipurnakan 4 Raperda dan melaksanakan sesuai dengan tugas masing-masing.

“Masih kurang 5 Raperda dari 21 yang belum diselesaikan, dan ini PR kami buat tahun depan. Meski begitu ini sebuah pembuktian, walaupun Covid-19 tak menghalangi kinerja kami,” ucap Affiati.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Cirebon, Hj. Eti Herawati menyebutkan sebelum dibuatkan Perwali, pada masa transisi pembatalan Perda ini, dalam waktu dekat pihaknya akan menginstruksikan dinas terkait untuk menindaklanjutinya.

“Perubahannya kan tidak terjadi di Kota Cirebon saja, ini dari kementerian, untuk peruntukannya tentu ada cangkolan-cangkolannya, di dalamnya ada berbagai pertimbangan dan sebagainya,” pungkas Eti.

Penulis: Acep
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *