banner 728x250

Selesaikan Konflik Agama Dengan ‘Rembugan’

  • Share
Foto : Kapolda Jateng Cindro Kirono.( iLustrasi).

Semarang, Mediatransparancy.com – Terjadinya peristiwa konflik intoleransi di sejumlah daerah belakangan ini mendorong kepolisian untuk semakin mewaspadai tingkat keamanan dan ketertiban. Namun disisi lain aparat penegak hukum juga membuka ruang-ruang mediasi dan dialog untuk mengakomodir penyelesaian masalah.

Dalam acara Silaturahmi Cegah Tangkal Konflik Intoleransi di Ruang Amarta Hotel Grand Candi, Senin (15/8) kemarin, Kapolda Jateng Condro Kirono mengatakan saat ini Polri diminta untuk lebih bisa meredam segala konflik yang terjadi di daerah-daerah, terutama dalam hal konflik kebebasan beragama.

judul gambar

“Peran kami dalam setiap kejadian konflik selain menjaga ketertiban juga memediasi pihak yang berkonflik. Namun kalau tidak bisa dimediasi maka dilakukan pengamanan. Harapannya agar toleransi berkeyakinan dan harmonisasi antar agama bisa hidup sama-sama,” kata Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda juga mengutarakan rencana pembentukan SOP/ desk khusus Polda Jateng dalam penyelesaian konflik intoleransi yang berada pada tingkat kecamatan di setiap daerah.

“Harapannya ini bisa jadi role model penyelesaian masalah jika terjadi konflik. Pihak-pihak yang saling bertikai bisa diselesaikan dengan forum ini atau setidaknya jangan sampai ada ujaran kebencian,” katanya.

Penulis : Chris Muryat/rel

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *