banner 728x250

Semangat Kemanusiaan, Warga Kota Cirebon Responsif Mendonorkan Darahnya

  • Share

KAB. CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Semangat kemanusiaan yang tinggi, responsif, bergerak cepat dan membantu sesama masih terlihat di Kota Cirebon. Hal tersebut terbukti ketika salah seorang warga yang sedang membutuhkan pendonor darah, kemudian hanya dalam waktu sebentar yang dibagikan dalam grup whats app (WA) langsung mendapat tanggapan positif dari beberapa anggota grup yang ada.

“Saya mengucapkan syukur Alhamdulillah dan sangat berterima kasih kepada rekan serta sahabat dari Karang Taruna Kota Cirebon, kader Posyandu RW 04 Kelurahan Larangan dan LPM Kelurahan Larangan serta dibantu dari Komunitas Darah Segar (KOMDAS) Cirebon yang dengan cepat merespon WA saya, beberapa diantaranya langsung menyatakan kesiapannya ingin mendonorkan darahnya untuk membantu saudara saya yang sangat membutuhkan transfusi darah. Hal ini saya lakukan karena saat ini stok darah di PMI Kabupaten Cirebon masih terbatas,” ucap Wahyu, salah seorang warga yang kerabatnya sedang membutuhkan pendonor darah.

judul gambar

Wahyu melanjutkan, “Hanya dalam hitungan jam, beberapa rekan dan sahabat langsung menghubungi WA pribadi saya serta menyatakan siap menjadi pendonor. Ada sekitar 10 orang yang menyatakan kesediaannya, padahal yang dibutuhkan saudara saya yang kini sedang dirawat di RS Permata Cirebon itu membutuhkan 4 (empat) kantong golongan darah O,” ucapnya dengan rasa syukur saat ditemui di PMI Kabupaten Cirebon, Jl. Otto Iskandar Dinata No.40 A Plered, Kab. Cirebon, Sabtu (05/12/2020).

Ditemui di lokasi, Relawan KOMDAS Cirebon, Sujana mengatakan keprihatinannya atas kekurangan stok darah di PMI. “Dalam tugas pokok kami di komdas selalu mengedepankan asas kemanusiaan bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah segar, untuk itu sebagai bagian dari masyarakat Cirebon yang peduli akan kebutuhan darah segar dan untuk menghindari adanya calo darah, sudah merupakan kewajiban komdas untuk mengikis habis praktek percaloan bagi pasien yang membutuhkan darah,” tegasnya.

“Semoga apa yang sudah dilakukan oleh relawan komdas dapat bermanfaat bagi pasien yang membutuhkan darah segar. Yang harus diingat bahwa komdas tidak pernah meminta bayaran dalam bentuk apapun, karena kami melakukan semua ini murni atas dasar kemanusiaan,” tutup Sujana.

Senada dengan Komdas Cirebon, Ketua LPM Kelurahan Larangan, Yayan Ramlan yang turut serta mendonorkan darahnya merasa bangga dengan kesiapsiagaan warga Kota Cirebon, khususnya dari ibu-ibu kader posyandu RW 04 Kelurahan Larangan. “Semoga apa yang kita lakukan mendapat catatan kebaikan dan balasan dari Allah SWT, serta menjadi manfaat bagi pasien,” tutur Yayan.

Penulis: Yudi
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *