Home Berita Terbaru SERTIJAB KETUA RW 014 JATIRASA ‘KANGKANGI’ SURAT EDARAN SEKDA KOTA BEKASI

SERTIJAB KETUA RW 014 JATIRASA ‘KANGKANGI’ SURAT EDARAN SEKDA KOTA BEKASI

95
0

KOTA BEKASI, MEDIATRANSPARANCY.COM – Pengurus RW komplek perumahan Kemang IFI Graha Jatirasa mengelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua RW 014 yang dihadiri warga yang pro maupun yang kontra, bertempat dihalaman kantor sekretariat RW 014 (Taman utama), Jalan Jakarta, Jatirasa Jatiasih, Kota Bekasi Jawa Barat pada, Sabtu (6/10/2018) malam.

Ketua RW 014 lama, Suhardi saat menyerahkan dokumen kepada pengantinya, AKBP (Purn) Supriyanto ketika Sertijab yang digelar warga komplek perumahan Kemang IFI Graha Jatirasa, Jatiasih Kota Bekasi bertempat dihalaman kantor sekretariat RW 014, Jalan Jakarta, Jatirasa Jatiasih, Kota Bekasi Jawa Barat pada, Sabtu (6/10).dok-istimewa

Lurah Jatirasa, Nana Sutisna, S.Sos dalam amanat sambutannya mengatakan mengapresiasi kepemimpinan Ketua RW sebelumnya periode 2014-2018, Suhardi. Dan ia juga berpesan kepada AKBP (Purn) Supriyanto, selaku ketua RW 014 terpilih periode 2018-2021 untuk melanjutkan program-program kegiatan ketua RW sebelumnya.

“Keberhasilan-keberhasilan
tugas para Ketua RW intinya menjadi ujung tombak di masyarakat serta sangat membantu tugas pemerintah pada tingkat Kelurahan Jatirasa,” tutur Nana.

Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Sekretariat Daerah bernomor; 100/4918 – SETDA Tapem tentang Pemilihan dan Pemekaran RT dan RW yang menjadi polemik di warga RW 014, Kelurahan Jatirasa Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi Jawa Barat.(dok-istimewa)

Seperti diketahui dalam Pemilihan Ketua RW 014, yang dilaksanakan pada 20 September 2018. Hal ini dengan merujuk pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 05 Tahun 2015 tentang Pedoman Pembentukan Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW).

3 (Tiga) calon yang bertarung dalam memperebutkan kursi ketua RW, yakni Yamin, AKBP (Purn) Supriyanto, dan Sudjoko. Dengan hasil akhir AKBP (Purn) Supriyanto berhasil terpilih secara demokratis sebagai ketua RW untuk mengantikan Suhardi.

Wardoyo, Mantan Ketua RT, saat ini selaku tim support (Plt) RW 014, ketika lurah Nana Sutisna tengah memberikan kata sambutan sempat interupsi bahwa Laporan Pertanggung-Jawaban (LPJ) Ketua RW lama, Suhardi juga harus dilaksanakan. “Sebagai perwakilan warga kami berharap dalam Sertijab ini, LPJ juga disampaikan kepada warga,” imbaunya.

Dalam kesempatan ini pula saat ditanya mediatransparancy.com, Nana mengatakan bahwa kegiatan Sertijab sudah sesuai mekanisme walaupun ada polemik warga. “Jadi panitia, masyarakatnya ngak antusias untuk pemilihan RW-nya,” ujarnya.

“Tahapan-tahapan dari sebelum Pilkada sudah dilaksanakan, gitu kan. Tinggal pelaksanaan, SK Camat pun sudah, SK panitia sudah dapat, jadi tinggal pelaksanaan,” kata Nana lagi.

Ketika diminta tanggapannya terkait Surat Edaran nomor; 100/4918 – SETDA Tapem tentang Pemilihan dan Pemekaran RT/RW yang dikeluarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi tertanggal 20 September 2018, dan ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Widodo Indrijantoro, SH, MM, Nana Sutisna menjelaskan bahwa ia mengetahuinya melalui aplikasi WhatsApp (WA) tapi tidak mendapat surat edaran tersebut.

“Saya mengetahui lewat WA, scara (tapi) belum terima, sampai sekarang belum terima. Saya tanya ke kelurahan lain pun belum terima, lewat WA aja Gitu,” ungkap Nana.

Dalam pemaparannya, Nana juga mengatakan bahwa Surat Edaran tersebut itu hanya sekedar Anjuran. “Anjuran itu mah, anjuran. Kalau menurut saya anjuran, karena Kenapa? Kecuali yang belum bentuk panitia itu saya pending. Tahapannya belum (Inkracht-red) ? dan benar-benar panitia, ini-kan SK Panitia pun udeh turun, ya,” pungkasnya.

Ironisnya, Sertijab seolah-olah sudah sesuai prosedur, namun kalau diperhatikan isi dari poin-poin surat edaran yang dikeluarkan Pemkot Bekasi, ada dugaan pelanggaran prosedural yang dilakukan panitia pelaksana sertijab.

Pasalnya, dalam poin ke-3 isi dalam surat edaran tersebut berbunyi; Untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas wilayah maka Camat dapat memperpanjang masa bhakti ketua RT dan RW serta Tidak melakukan pemilihan RT dan RW, sampai tahapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan Legislatif berakhir.(red)

 

Reporter : Ach Zark
Editor   : Hisar S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here