banner 728x250

Sheet Pile Alur Tano Ponggol Yang Dibanggakan Menteri Basuki Baru Seumur Jagung Sudah Rusak

  • Share

SAMOSIR, MEDIA TRANSPARANCY – Pembangunan Alur Tano Ponggol di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara yang digadang-gadang bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Pulau Samosir menimbulkan aroma tidak sedap. Pelaksanaan pembangunan sheet pile proyek tersebut disinyalir asal jadi.

Tidak heran, baru seumur jagung, keberadaan sheet pile Alur Tano Ponggol tersebut sudah mengalami kerusakan dimana-mana.

judul gambar

Ironisnya, walau sudah tampak mengalami keretakan yang tidak sedikit, pihak Kementerian PUPR, yang dalam hal ini BWS II Sumut hanya melakukan langkah perbaikan dengan hanya menambal sulam sheet pile yang retak.

Menanggapi upaya ‘pendempulan’ sheet pile Alur Tano Ponggol yang sudah mengalami kerusakan,  Ketua GBNN DPC Kabupaten Samosir, Hatoguan Sitanggang yang dimintai komentarnya, Selasa (19/1) mengungkapkan, bahwa terjadinya keretakan pada sheet pile Alur Tano Ponggol tersebut diduga akibat kesalahan konstruksi.

“Besar dugaan kita, keretakan ini terjadi akibat kesalaha metode pelaksanaan,” ujarnya.

Dia mencontohkan, bahwa dalam pemadatan timbunan seharusnya ada jenjang waktu yang termatub dalam RAB. “Bila kita tidak lalui waktu yang tersedia, kemungkinan akan ada penyusutan timbunan yang mengakibatkan keretakan pada dinding penyangga timbunan,” terangnya.

Hatoguan berharap, pihak PPK seharusnya sudah turun lapangan dalam menyikapi informasi ini. “Sehingga kita tidak hanya menduga-duga sebab akibat terjadinya keretakan ini. Bukan asal dempul saja,” tuturnya.

Untuk mengetahui sebab akibat terjadinya keretakan sheet pile Alur Tano Ponggol tersebut, Manager PT.BRP, Sidabutar yang dikonfirmasi melalui pesan singkat lebih memilih bungkam.

Humas Kementerian PUPR, Wibisono yang dikonfirmasi Media Transparancy mengaku telah menyampaikan permasalahan tersebut ke pihak BWS yang berwenang.

“Pesan sudah kita sampaikan kepada BWS yang berwenang,” katanya singkat.

Hatoguan meminta Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono melakukan penelitian dan  pemeriksaan secara menyeluruh terkait mutu pelaksanaan proyek tersebut.

Penulis: Sudirman Simarmata
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *