Home NASIONAL Siang Ini SBY ke Riau Pantau Pengendalian Bencana Asap

Siang Ini SBY ke Riau Pantau Pengendalian Bencana Asap

283
0

Transparancy.com, Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, akan bertolak menuju Pekanbaru, Riau dari Solo, Jawa Tengah Sabtu (15/3/2014) sekitar pukul 12.00 WIB. Ke Riau, SBY akan memantau dan memimpin langsung pengendalian operasi bencana kabut asap di negeri Lancang Kuning itu. Sabtu (15/3/2014), Juru Bicara Presiden, Julian A Pasha mengungkapkan Presiden SBY dan rombongan akan berangkat dari Bandar Udara Adi Soemarmo (Solo) menuju Bandara Minangkau, Padang (Sumbar).

“Presiden berangkat dari Solo pukul 12:00 WIB dan sampai di Bandara Minangkabau pukul 14:15 WIB. Langsung menuju Bangkinang Kabupaten Kampar, Riau,” ungkap Julian melalui pesan singkatnya Sabtu (15/3/2014) pukul 11.35 WIB. Dia menjelaskan dari Padang, Presiden SBY dan rombongan akan melakukan perjalanan darat ke Pekanbaru (Riau), dengan perkiraan perjalanan sekitar 6-7 jam. “Mungkin sekitar 7 jam baru sampai di Kab Kampar, Bangkalis,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, mengenai bencana kabut asap di Riau itu, Presiden mengaku terus memantau di sosial media tentang keresahan dan kemarahan masyarakat. Presiden berkesimpulan, kebakaran hutan yang mengakibatkan bencana asap di Riau itu disengaja. Sementara untuk mengatasinya memerlukan biaya yang tidak sedikit, serta perlu mengerahkan TNI dan Polri. Ia menyebutkan, akibat dari kabut asap tersebut, warga masyarakat menjadi korban dan anak-anak tidak bisa bersekolah karena terganggu pernafasannya. “Ini menjadi tugas bagi jajaran pemerintah baik pusat maupun daerah untuk menyadarkan warganya, mengatasi, dan menyelesaikannya dengan baik,” tegas Kepala Negara.

Presiden menekankan bahwa penanganan bencana kabut asap tersebut, hitungannya adalah jam. “Jangan menunggu berhari-hari, karena jam demi jam sangat berharga, dan bisa berbahaya kalau tidak digunakan dengan baik dalam mengatasi bencana kabut asap tersebut,” tegas Presiden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here