Home NASIONAL Sinergi Pusat dan Daerah : Kunci Menangkan Persaingan

Sinergi Pusat dan Daerah : Kunci Menangkan Persaingan

286
0
Foto : Presiden Joko Widodo menutup APKASI International Trade and Investment Summit (AITIS) 2016 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 7 Mei 2016.

Jakarta, Mediatransparancy.com – Presiden Joko Widodo menutup APKASI International Trade and Investment Summit (AITIS) 2016 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 7 Mei 2016. Acara tahunan yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) tersebut berlangsung sejak 5 Mei 2016 dan bertujuan untuk mempromosikan potensi sektor unggulan dari kabupaten di seluruh Indonesia.

Presiden Joko Widodo, yang didampingi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, dalam penutupan acara tersebut mengatakan bahwa kunci untuk memenangkan persaingan di era kompetisi sekarang ini ialah adanya kesinambungan antara pemerintah pusat dan daerah.

“Kita sudah masuk era persaingan. Salah satu kunci memenangkan persaingan ialah adanya sinergi pusat dan daerah,” kata Presiden. Sebagaimana dilansir Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana.

Lebih lanjut Presiden menjelaskan bentuk dari sinergi antara pemerintah pusat dan daerah salah satunya dapat dilakukan dengan cara merombak regulasi-regulasi penghambat. Menurut Presiden, regulasi-regulasi yang ada saat ini sudah terlalu banyak sehingga menghambat proses pengambilan tindakan.

“Kita negara besar, tetapi kecepatan kita untuk bertindak dihambat aturan sendiri. Saat ini ada sekitar 42.000 aturan pusat dan daerah. Dengan aturan sebanyak ini, kecepatan bertindak jadi lambat. Padahal perubahan global sangat cepat,” jelas Presiden.(Humas Kemensetneg)

Editor : Aloysius Tedi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here