Home BERITA TERBARU SMAN 95 KALIDERES, JAKBAR SIAP MENGIKUTI LOMBA SEKOLAH ADIWIYATA 2018

SMAN 95 KALIDERES, JAKBAR SIAP MENGIKUTI LOMBA SEKOLAH ADIWIYATA 2018

1023
0

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Dalam rangka mengikuti lomba sekolah Adiwiyata tingkat Wilayah Pemkot Administrasi Jakarta Barat, SMA Negeri 95, Kalideres, Jakarta Barat, Kepala Sekolah SMAN 95, M Endang bersama seluruh elemen yang ada di lingkungan sekolah, mulai dari Kepsek/Kasubag TU/Wakasek, para Staf, para pendidik, pengelola kantin, para peserta didik, dan Caraka/Penjaga Sekolah bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap tertata bersih, nyaman, dan asri.

Kepsek SMAN 95, M Endang mengatakan, bahwa indikator Sekolah Adiwiyata adalah bagaimana pengembangan kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan , pengembangan kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengembangan dan atau pengelolaan sarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan sekolah.

“Sebagai wujud nyata, saat ini, kami sedang memelihara ikan di saluaran air sekeliling sekolah dengan penampungan air bekas wudu, mata air, dan air hujan. Baru kita akan mengembangkan budi daya ikan Lohan. Ikan Mujahir dan ikan Nila sudah on the track,” kata Endang melalui WA kepada media ini Senin (12/2/2018) siang ini.

Menurut Endang, Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam melalui UU No 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan, dalam upaya mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup di sekitar sekolah. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan .

“Kami sedang bergotong-royong bersama seluruh elemen sekolah untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti budi daya ikan mujahir, ikan emas, memilah sampah, penghijauan, dan bersih-besih lingkungan sekolah,” kata M. Endang Supardi di ruang kerjanya Senin (12/2/2018) usai ditinjau oleh Tim Penilai dari Pemkot Adm Wali Kota Jakbar didampingi Edi Sukria dari Satpel Dinas KPKP dan Baehaki Satpel Dinas Kehutanan Kecamatan Kalideres.

Menurut peraih Kepala Sekolah Berprestasi tahun 2017 tingkat Sudin Pendidikan Wilayah I, Pemkot Adm Jakarta Barat, bahwa, SMAN 95 berhasil meraih prestasi dalam lomba sekolah sehat (LSS) dan lomba Video Flof tahun 2017 dengan Juara Pertama. SMAN 95 Jakbar meraih Sertifikat BAN S/M dengan nilai 98 peringat A predikat Unggul sesuai SK Penetapan Hasil Akreditasi Badan Akreditasi Provinsi (BAP)-Sekolah/Madrasah (S/M) No 255/BAP-SM/DKI/ 2017 tanggal 27 November dan berlaku sampai 27 November 2022.

Disamping itu, kata Endang,  5 siswa SMAN 95 Kalideres dari 700 siswa/siswi se-Indonesia terpilih mengikuti Sail Sabang 2017 program dari Kementerian Pertahanan dengan  kapal Angkatan Laut RI, KRI Bima Suci dan KRI Dewa Ruci dari tanggal 28 November 2017  hingga 5 Desember 2017 mengelilingi Pulau Sumatera.

“Semoga dengan prestasi yang telah ditorehkan oleh seluruh keluarga besar SMAN 95 tersebut, dapat meraih predikat untuk mewakili Jakarta Barat ke tingkat Provinsi DKI Jakarta. Dan moga-moga masuk hingga tingkat nasional,” katanya, seraya menambahkan, dengan kegiatan lomba Adiwiyata ini diharapkan akan merubah mainset seluruh elemen lingkungan sekolah, baik dari etika, sikap, karakter, pola pikir, dan berjiwa selalu peduli terhadap lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.

Satlak Dinas KPKP Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Edi Sukria mengatakan, tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya – upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. (Benz) .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here