Home BERITA TERBARU STUDI BANDING PEMDES DAN BUMDES DESA PURO KARANGMALANG SRAGEN KE PUJON KIDUL...

STUDI BANDING PEMDES DAN BUMDES DESA PURO KARANGMALANG SRAGEN KE PUJON KIDUL MALANG

441
0

MALANG, MEDIATRANSPARANCY.COM – Kunjungan Pemerintah Desa Puro Karangmalang Sragen ke Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang, dalam rangka studi banding Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Desa (Pemdes) dan Lembaga Desa. Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Puro Karangmalang. Rombongan dari Sragen ini melakukan studi Agrowisata, dan mempelajari bagaimana bercocok tanam modern dilahan perkotaan yang efektif, baik dan benar.

Studi banding dalam rangka peningkatan kapasitas Pemdes dan Bumdes Desa Puro Karangmalang Sragen (Foto : Udin)

Dalam rangka memberikan peningkatan managemen administrasi, melaksanakan pekerjaan, dan pelayanan yang berkualitas adalah harapan bagi Pemdes Puro Karangmalang Sragen. Terutama dalam pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dalam hal tersebut tentu tidak lepas dari adanya pembelajaran yang gigih, bersemangat, dan sustainable atau berkesinambungan, tentunya agar dapat menambah pengetahuan sesuai dengan yang diharapkan. Dasar tersebut, Pemerintah Desa dan Lembaga Desa Puro perlu melakukan studi banding di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, kemarin (15/12/17). Karena di desa tersebut telah berhasil dan menjadi percontohan nasional.

Disana Pamong Desa dan Lembaga Desa Puro disambut baik oleh Bp Udi Hartoko, Beliau adalah stakeholder Desa Pujon Kidul. Nama Beliau melekat sebagai konseptor, inovator, dan creator desa Agrowisatanya. Kepiawaiannya dalam mengintegritaskan potensi masyarakat, alam, dan semangat untuk menjadikan warna desanya menjadi Destinasi Wisata Desa. Di situ Pak Udi memunculkan paketan-paketan wisata, seperti cafe sawah, wisata berkuda, outbond, tracking di pegunungan, edukasi pertanian danpeternakan hingga homestay.

Ibu Tati dari Pemdes Puro ingin sekali hasil dari studi bandingnya bisa di implementasikan di desanya, yaitu mengembangkan desa yang lebih berkwalitas dengan konsep desa hijau, penerapan pertanian kota, dengan bercocok tanam dilahan pekarangan kota yang terbatas tapi bisa dilakukan. Selain itu juga, tertib administrasi dalam Pemerintah Desa dan Lembaganya perlu dibenahi dan ditingkatkan dalam misi pelayanan masyarakat yang mudah, cepat dan familiar. Pembelajaran yang diambil dari Pujon kidul sebagai Desa unggulan ini, setidaknya mampu mempengaruhi kinerja dan warna Desa Puro menjadi berkarakter dan berkwalitas.
Akir dari kunjungannya, beramah tamah dan menyerap ilmunya, Ibu Tati dan rekan rekan mengucapkan terima kasih atas sambutan dan pelayanannya sehingga program studi banding itu telah terlaksana dengan baik.

Menurut Pak Wasis, salah satu tokoh masyarakat yang ikut studi banding berkesimpulan bahwa “ untuk merubah dan membentuk SDM, yaitu dengan cara merubah dan mengkwalitaskan potensi SDAnya, ini akan menjadikan sinergi human being masyarakat, alam desa dengan Pemdes dan Bumdes Desa Puro menjadi lebih aman, nyaman dan berprestasi” begitu papar Wasis kepada Mediatransparancy.com.

Reporter: Udin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here