banner 728x250

Suci Ardy Daud: Agro Wisata Nanas Tangkit Perlu Dikembangkan

  • Share

JAMBI, MEDIA TRANSPARANCY – Pejabat Sementara (Pjs) Ketua Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) sekaligus Pjs. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi dr.Suci Romadhona,M.Si,Med,Sp.A mengemukakan, Agro Wisata Nanas Tangkit  perlu ditingkatkan dan dikembangkan, baik promosi maaupun kualitas hasil dengan ikon Nanas Tangkit Jambi. Hal itu disampaikannya saat Peninjauan Posyandu Sejahtera Desa Koto Karang Kecamatan Kumpeh Ulu dan Peninjauan Sentra Dodol Nanas Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (24/11/2020).

Pjs.Ketua TP PKK Provinsi Jambi dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi Hj.Iin Kurniasih Sudirman, Kepala Dinas DP3AP2 Provinsi Jambi Luthpiah dan rombongan disambut oleh Ketua TP PKK Muaro Jambi Ririn Rianti Bambang Bayu Suseno, Camat Kumpeh Ulu, berserta para anggota Dharma Wanita dan Pengurus Posyandu Sejahtera Desa Koto Karang.

judul gambar

Pjs Ketua TP PKK Provinsi Jambi menyerahkan bantuan kepada pengurus Posyandu Sejahtera Desa Koto Karang berupa makanan balita dan makanan ibu hamil, serta masker dan hand sanitizer. Usai peninjauan Posyandu Sejahtera Desa Koto Karang, Ketua TP PKK Provinsi Jambi dan rombongan didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Muaro Jambi Ririn  Rianti Bambang Bayu Suseno menuju Desa Tangkit Baru Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi meninjau pengrajin Sentral Dodol Nanas.

Suci Romadhona mengimbau dan mengingatkan seluruh pengurus Posyandu untuk menerapkan Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 dan kegiataan Posyandu harus berjalan sesuai dengan harapan masyarakat yang selalu memperhatikan kesehatan anak dan balita serta ibu hamil, sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat. ”Posyandu merupakan salah satu wujud Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan untuk mempermudah masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan dasar, untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak dan angka kematian bayi,” kata Suci Romadhona.

“Keberhasilan pengelolaan Posyandu memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, baik dukungan moril maupun dukungan finansial dan kerja sama dari berbagai pihak baik emerintahan juga masyarakat dalam rangka memberikan pengetahuan pentingnya ilmu pengetahuan kesehatan pada masyarakat dalam menurunkan angka kematian ibu, bayi dan anak balita,” jelas Suci Romadhona.

Lebih lanjut Suci juga mengimbau Kader PKK untuk lebih semagat, sebagai ujung tombak dalam peningkatan kegiatan PKK di desa-desa. ”Melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) TP PKK, peran  pokok meningkatkan keterampilan para kader serta keahlian menambah perekonomian keluarga,“  ujar Suci Romadhona.

Suci Romadhona mengemukakan, Agro Wisata Nanas Tangkit Perlu ditingkatkan promosinya berbasis web (jaringan) atau yang dikenal dengan E-commerce, bisa juga melalui Instagram untuk mitra tujuan. “Dengan adanya kita membuka web dan Instagram diharapkan kita bisa memperkenalkan produk-produk olahan Nanas Tangkit kepada khalayak banyak, bisa meningkatkan penghasilan para perajin dan juga UMKM, dengan tujuan kita bersama meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sambung Suci.

Suci mengatakan, daya tarik wisata datang ke Tangkit perlu diberikan pengetahuan dan  informasi tentang nanas, mulai pembibitan, perawatan, panen, dan pengelolaan sampai menjadi berbagai olahan makanan. ”Pada saat panen nanas kita perlu undang banyak orang, sebagai promosi, serta pengolahan, sampai menjadi berbagai bahan olahan makanan. Ini perlu kita kasi label yang jelas sebagai pertanda produksi Tangkit dengan mengunakan Ikon Nanas tangkit,” terang Suci.

Sebelumnya, Kepala Desa Kota Karang Datuk Kafur mengapresiasi kunjungan kerja Pjs Ketua TP PKK Provinsi Jambi ke Kota Karang. Ia mengharapkan agar kunjungan ini bisa menambah ilmu pengetahuan kader-kader PKK Desa Koto Karang. “Kami perlu bimbingan,” ujar Datuk Kafur.

Datuk Kafur mengungkapkan, keberhasilan pengelolaan Posyandu, memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, baik dukungan moril maupun dukungan finansial dan kerja sama dari semua pihak terkait.

Reporter : Ruliah Novianti
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *