banner 728x250

Sudah Direkomtek Bangunan di Jalan Dewi Sartika Tetap Membangun, LSM Graceindo: Harus Bongkar

  • Share

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Keberadaan bangunan yang disinyalir menyalahi aturan sebagaimana yang ada di Pemprov DKI Jakarta, menjadi bahan pergunjungan berbagai kalangan.

Pasalnya, satu unit bangunan ruko yang berada di Jalan Dewi Sartika No 306-306A dibangun setinggi empat lantai, sementara izinnya hanya dua lantai.

judul gambar

Selain itu, di jalan yang sama, tepatnya tidak jauh dari Pusat Grosir Cililitan (PGC) juga ditemukan bangunan kantor yang diperkirakan akan dibangun sekitar 3-4 lantai plus basement yang juga diduga melanggar.

Kasudin Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP), Widodo yang dikonfirmasi terkait keberadaan bangunan tersebut mengatakan sudah dilakukan tindakan.

“Terkait pelanggaran bangunan dimaksud, sudah ditindak secara administrasi oleh Citata sesuai ketentuan dan kewenangan. Terima kasih atas kerjasamanya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satuan (Kasat) Pol PP, Kota Administrasi Jakarta Timur, Budhy yang dikonfirmasi terkait rekomtek yang sudah dilakukan oleh Sudin Citata Jaktim terhadap bangunan tersebut, yang bersangkutan sedang rapat. “Nanti saya cek, sedang rapat,” ucapnya.

Ketua Umum Gerakan Cinta Entitas Indonesia (Graceindo) yang dimintai komentarnya seputar keberadaan bangunan yang diduga melanggar di Jalan Dewi Sartika mengungkapkan, bahwa aturan membangun di DKI Jakarta sudah jelas.

“Dasar berdirinya bangunan di DKI Jakarta itu sudah jelas aturan dan tatanannya. Aparat pemerintah maupun masyarakat harus taat dan tunduk kepada aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Jika ditemukan bangunan melanggar, sebutnya, aparat pemerintah wajib melakukan tindakan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Orang buta huruf sekalipun tau jika izinnya dua lantai tapi dibangun empat lantai itu melanggar. Tapi masalahnya kenapa tidak dibongkar?” ucapnya.

Sudirman menyebutkan, pihaknya meminta ketegasan Inspektorat DKI Jakarta untuk menangani permasalahan bangunan melanggar di Jalan Dewi Sartika tersebut.

“Kita minta Inspektorat DKI untuk turun tangan melihat kondisi lapangan. Kita sudah berikan data-data kepada Inspektorat DKI sebagai bahan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan,” tukasnya.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, bahwa sesuai data yang diperoleh Media Transparancy, satu unit bangunan di Jalan Dewi Sartika No 306-306A memiliki IMB pembangunan ruko dengan ketinggian 2 lantai, tapi dibangun 2 lantai.

Selain itu, juga ditemukan banguna kantor di Jalan Dewi Sartika, tepatnya tidak jauh dari PGC yang juga diduga melanggar.

Inspektorat DKI Jakarta, Saefuloh Hidayat ketika dimintai tanghapannya mengunhkapkan akan berkoordinasi dengan SKPD terkait.

“Terima kasih informasinya pak. Saya akan berkoordinasi dengan SKPD terkait untuk dilakukan tindakan sesuai aturan,” ujarnya.

Anggiat S
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *