Home DAERAH Sungai di DKI Jakarta Akan Dibuat ‘Bening’ Bebas dari Sampah dan Beling

Sungai di DKI Jakarta Akan Dibuat ‘Bening’ Bebas dari Sampah dan Beling

510
0
Foto : Sungai Ciliwung dengan wajah baru "Bersih dan Rapi".

Jakarta, Mediatransparancy.com – Semua Sungai di DKI Jakarta akan dibuat sebening mungkin untuk kenyamanan warga Ibukota oleh Pemprov yang di nahkodai Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau sapaan akrabnya Ahok.

Foto : Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama .
Foto : Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama .

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan beberapa sungai di Ibukota akan dibuat bening dan bersih dari sampah. Kini beberapa di antara telah bersih dan menjadi lokasi berenang oleh warga sekitar.

“Bagus kalau sekarang bisa buat berenang, yang penting nggak ada beling. Makanya kami mau buat yang bisa berenang seperti di Rindam, Kalijodo sama Kali Besar Barat,” kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (18/5).

Salah satu sungai yang sudah dimanfaatkan sebagai arena berenang oleh warga sekitar yakni di aliran anak Sungai Ciliwung, di belakang Gedung Lindeteves Trade Centre (LTC) Glodok, Jakarta Barat. Menurut Basuki, selain dibersihkan dari sampah, air kawasan tersebut bisa bening karena Pintu Air Ciliwung Lama selalu dibuka, sehingga debit air lebih besar.

“Selain dibersihin sampahnya, kami mulai buka pintu Ciliwung lam. Airnya nggak lari ke Pintu Air Manggarai semua, sebagian larinya ke Istiqlal, dari Istiqlal dibagi ke Gunung sahari dan Gajah Mada-Hayam Wuruk. Di situ kami bersihin sampahnya,” ucapnya.

Agar lebih aman, Basuki mengaku ke depannya akan menggunakan sistem sirkulasi seperti yang digunakan di kolam renang untuk menjaga kejernihan air. Sehingga anak-anak yang bermain di sekitar sungai lebih aman.

“Jadi nanti semua bening, orang bisa main air. Kami pakai sirkulasi kolam renang di situ. Kita mau pola kayak kolam renang,” tandasnya.

Penulis : Chris Muryat/Rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here