Home NASIONAL Tanggul Laut Kalibaru-Cilincing Ditargetkan Rampung April 2018

Tanggul Laut Kalibaru-Cilincing Ditargetkan Rampung April 2018

365
0
Foto : iLustrasi

Jakarta, Mediatransparancy.com – Sebagai bagian penataan kawasan pesisir dan penanganan rob, tanggul laut Kalibaru – Cilincing sepanjang 2,2 kilometer mulai dibangun.

Sejumlah spun pile berdiameter 1,2 meter dengan panjang 24 meter mulai dipasang. Tiang beton ini akan ditanam di kedalaman kurang lebih 15 meter. Alat berat seperti crane juga sudah mulai beroperasi.

Direksi Pekerjaan Pembangunan Pengaman Pantai, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Ilham Firmansyah mengatakan, pembangunan tanggul rencananya berakhir April 2018. Saat ini pelaksanaannya baru mencapai lima persen.

“Dari kontrak November 2015, terkendala izin trase yang baru terbit bulan April 2016, dan amdal yang terbit bulan Juli 2016,” ungkap Ilham, Kamis (7/9).

Dikatakan Ilham, pembangunan tanggul laut akan melintasi 10 RW di Kelurahan Kalibaru dan dua RW di Kelurahan Cilincing. Pembangunan tanggul memakan biaya sekitar 400 miliar. Ia menegaskan, pemasangan tanggul tidak mengenai permukiman penduduk.

“Karena pembangunannya di laut. Kita terus berikan penjelasan kepada warga bersama aparat kecamatan dan kelurahan, bahkan tingkat kota. Kemarin kita juga mengundang lagi anggota LMK,” ungkap Ilham.

Penulis : Subarkah/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here