Home NASIONAL Tax Amnesty, Presiden Jokowi : Pemerintah Siapkan Instrumen Investasi

Tax Amnesty, Presiden Jokowi : Pemerintah Siapkan Instrumen Investasi

227
0
Foto : Presiden Jokowi memaparkan program tax amnesty di Semarang (9/8). (Foto: Humas/Oji).

Semarang, Mediatransparancy.com – Tekanan ekonomi global, menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disebabkan oleh ketidakpastian ekonomi dan geopolitik mendorong semua negara untuk menarik investasi dan arus uang sebesar-besarnya agar bisa masuk ke negara masing-masing.

Hal yang sama juga dilakukan Indonesia, menurut Presiden, melalui penerapan program pengampunan pajak atau tax amnesty.

Presiden Jokowi berharap uang yang sudah dikeluarkan, baik masuk dari luar negeri maupun dari dalam negeri bisa langsung dimanfaatkan untuk investasi.

“Pemerintah telah menyiapkan instrumen investasi portofolio, misalnya surat berharga negara (SBN), Surat Utang Negara (SUN), Surat Berharga Syariah Negara (Sukuk). Kalau BUMN bisa obligasi, bisa saham, ada inftrastruktur, reksa dana, perbankan (deposito, giro, tabungan) bisa langsung dimasukkan langsung ke sana kepada bank-bank yang sudah ditunjuk,” jelas Presiden Jokowi dalam sosialisasi pengampunan pajak atau tax amnesty, di Rama Shinta Ballroom, Hotel Patra Jasa, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (9/8) malam.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa untuk bersaing dan berkompetisi dengan bangsa lain, Indonesia harus siap. Dengan perubahan dunia yang terjadi dalam hitungan detik, lanjut Presiden, Pemerintah harus cepat memutuskan agar tidak tertinggal dengan bangsa lain. “Biasanya kerja satu shift. Dua shift tidak mau saya, kerja tiga shift. Kita kejar. Ini kebutuhan bukan keinginan,” ujarnya.

Menurut Presiden, hingga kuartal kedua, pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan sentimen positif dan menunjukkan tren yang terus naik. Di kuartal pertama, tambah Presiden, tumbuh 4,94 persen, kuartal kedua naik 5,18 persen. “Sedikit-sedikit tapi naik. Kesempatan ini harus kita gunakan. Jangan lepas,” tegasnya.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here