banner 728x250

Tekan Kasus Anjal, DSPPPA Kota Cirebon: Hasil Razia Didominasi Luar Kota

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Penanggulangan masalah Anak Jalanan (Anjal) masih menjadi PR (Pekerjaan Rumah) Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon. Meski begitu, angka kasus anjal mengalami penurunan pada setiap tahunnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Hj. Santi Rahayu, Rabu (20/1/2021).

judul gambar

“Jumlahnya semakin sedikit karena langkah metode pembinaan kita lakukan di 8 titik. Langkah pembinaan tersebut meliputi, pendidikan, keagamaan dan juga hak-haknya dipenuhi, utamanya dibuatkan akta kelahiran kemudian kita sekolahkan bagi yang putus sekolah,” kata Hj. Santi.

Ia menyebutkan, ada 100 anjal pada tahun 2019 dan jumlahnya menurun menjadi 90 anak di tahun 2020. Dalam hal penanganannya, masih kata Santi, sejak 2010 DSPPPA Kota Cirebon bekerja sama dengan Yayasan Cirebon Peduli Anak Bangsa.

“Untuk arah pembinaan yaitu dengan mengurangi intensitas waktu mereka di jalan hingga tidak turun ke jalan lagi dan tentunya dilakukan pengawasan,” paparnya.

Fakta mengejutkan diungkapkannya, dimana dari hasil razia sekitar 80 % anjal yang terjaring berasal dari luar Kota Cirebon, seperti Kabupatrn Brebes, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka dan daerah lainnya.

“Kami berharap ke depan tidak ada lagi anak jalanan dan khususnya di Kota Cirebon, hak-hak mereka dapat dipenuhi sesuai dengan perlindungan anak,” harapnya.

Penulis: Acep
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *