Home HUKUM Terdakwa Agus Butar Butar Mengakui Dan Menyesali Perbuatannya Atas Dakwaan Perkara Pemalsuan...

Terdakwa Agus Butar Butar Mengakui Dan Menyesali Perbuatannya Atas Dakwaan Perkara Pemalsuan Akta Nikah

463
0

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM –Sidang perkara pemalsuan Akta Nikah antara Basri sudibyo dengan Juniar alias Vero kembil digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara dengan agenda pemeriksaan terdakwa Agus Butarbutar.

Melalui sidang teleconference Terdakwa Agus Butarbutar mengakui perbuatannya dihadapan majelis Hakim, Jaksa Penuntut Umum dan penasihat hukum terdakwa yakni Halim SH. saat sidang dengan agenda pemeriksaan terdakwa Agus Butar Butar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara 22/04/20.

Jaksa Penuntut Umum Suwartin SH yang mendakwa tiga terdakwa perkara pemalsuan surat Akta Nikah almarhum Basri Sudibjo, yang diduga dilakukan Agus Butar Butar, Juniar alias Vero dan terdakwa M.Husen Hosea ketiganya disidangkan secara terpisah (di split) dimana perbuatannya dilakukan sekitar tahun 2019 lalu.

Terdakwa Pdt. M Husen Hosea saat menjadi saksi di persidangan terdakwa Agus Butarbutar

Menurut dakwaan jaksa, Akta Nikah Almarhum Basri Sudibjo dengan Juniar alias Vero, diduga palsu dan ditengarai akan dipergunakan oleh terdakwa untuk menguasai tanah seluas 1.600 M yang berada di wilayah Jakarta Selatan atas nama Almarhum Basri Sudibjo yang di klaim ahli waris Martin Adam ( pelapor)

Dalam sidang pemeriksaan terdakwa Agus Butarbutar yang dipimpin majelis Hakim Agung Purbantoro SH didampingi Hakim anggota Tugianto SH dan Dodong SH  terungkap bahwa terdakwa mengakui perbuatannya.

Pengakuan tersebut disampaikan Agus Butar Butar saat penasihat hukumnya menanyakan dalam sidang pemeriksaan terdakwa, apakah saudara terdakwa (Agus Butar Butar Red) menyesal dalam permasalahan atau kejadian ini ?

Melalui sidang teleconference dari Lembaga Permasyarakatan (LP) Cipinang, Agus menjawab, “Saya bukan hanya menyesal lagi, menyesal dan amat menyesal sekali dan ampuuun, “ujar Agus.

Akan tetapi, menyikapi jawaban terdakwa, majelis hakim mengatakan, “Dia kan menyesal karena masih didalam tahanan, ” ujarnya sembari menutup persidangan.

Anehnya, keterangan terdakwa Agus Butarbutar tidak mengakui semua Berita Acara Pemeriksaan (BAP) penyidik Polri yang di tanyakan majelis hakim. Seperti pertanyaan hakim, siapa yang mempertemukan terdakwa Juniar alias Vero dengan terdakwa Pdt.M Husen Hosea?

Apakah saudara Agus membayar Rp 3.750.000 untuk pembuatan Akta Nikah tersebut. Namun Agus jawabannya tidak jelas alias berbelit belit.

Sementara Surat Akta perkawinan Nikah antara Almarhum Basri Sudibjo dengan Juniar alias Vero dibuat dan ditandatangani Pdt.M Husen Hosea saat bertemu Agus Butarbutar. Namun hal itu tidak diakui Agus, padahal dalam BAP diterangkan bahwa yang mempertemukan Juniar dengan Pdt.M Husen Hosea adalah Agus Butarbutar. Demikian juga pengakuan keterangan Pdt.M Husen Hosea saat bersaksi dalam persidangan. Pdt Hoesea Mengaku yang mempertemukan dan yang membayar adalah Agus Butarbutar, Agus datang kerumahnya berulang kali.

Berkaitan dengan hal itu, menurut jaksa Penuntut Umum Suwartin SH, terdakwa Agus Butar Butar berbelit belit dalam memberikan keterangannya dalam persidangan.

“Biarkan saja dakwaannya kan ada beberapa pasal, ” Ujar Jaksa Penuntut Umum Suwartin SH, saat dikonfirmasi usai persidangan.

( P.Sianturi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here