Home DAERAH TEROWONGAN PENINGGALAN KOLONIAL BELANDA DI TEMUKAN DI SERANG BANTEN

TEROWONGAN PENINGGALAN KOLONIAL BELANDA DI TEMUKAN DI SERANG BANTEN

432
0
Foto : Pekerjaan proyek drainase menemukan pintu dan terowongan.

Serang Banten, Mediatransparancy.com – Terowongan peninggalan kolonial Belanda yang di temukan oleh proyek pekerjaan drainase di Serang Banten, kini menjadi pusat perhatian masyarakat Serang.

Terowongan yang di duga bekas peninggalan kolonial Belanda ini di temukan oleh para pekerja drainase dengan kedalaman 15 meter galian tanah yang terletak  di jalan Maulana Hasanudin, Pasar Lama Kota Serang Banten.

Menurut keterangan Amry (28) salah satu warga Serang yang menghubungi Mediatransparancy.com terkait adanya penemuan pintu kecil dan terowongan tersebut mengatakan “terowongan bekas peninggalan kolonial Belanda ini hingga saat ini masih ramai ditonton oleh masyarakat dan hingga kini belum ada pengamanan disekitar galian proyek drainase”.

“Banyak anak-anak di sekitar galian tersebut yang ingin tahu keadaan terowongan, sedangkan tumpukan tanah di sekitar galian itu sangat bahaya bagi masyarakat yang ingin tahu kondisi pintu kecil dan terowongan peningggalan kolonial Belanda,” ungkap Amry kepada mediatransparancy.com pada Senin (28/11/2016).

Sementara itu juga petugas balai Cagar Budaya sudah melakukan perekaman untuk melakukan penelitian lebih lanjut, apakah pintu kecil dan terowongan bawah tanah ini benar-benar peninggalan kolonial Belanda atau tidak. Bahkan salah satu petugas Balai Cagar Budaya tersebut sempat mengutarakan  bahwa gorong-gorong ini di duga masih bekas peninggalan colonial Belanda.

“Untuk lebih jelas lagi kita tunggu hasil laboratorium hingga senin mendatang untuk membuktikan apakah gorong-gorong atau terowongan tersebut merupakan cagar budaya atau tidak,” ungkap salah satu petugas.

Penulis : Aloysius Tedi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here