Home BERITA TERBARU Tidak Hiraukan Covid-19 di Rutan Wanita Pondok Bambu, PN Jakut Tetap Laksanakan...

Tidak Hiraukan Covid-19 di Rutan Wanita Pondok Bambu, PN Jakut Tetap Laksanakan Sidang In-Absensial

229
0

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Walau sejumlah tahanan wanita yang berada di Rutan Pondok Bambu Jakarta Timur, positif terpapar Corona Virus Desease Nineteen (Covid-19), namun Pengadilan Negeri Jakarta Utara tetap melaksanakan sidang video conference.

Virus Corona yang sudah nyata menerobos masuk tahanan wanita Pondok Bambu itu, tidak mengurangi semangat dan konsekwensi penegakan hukum dari majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Bahkan persidangan vidio teleconference In-absensial Selasa 12/05 tanpa dihadiri terdakwa Sri Sulastini dugaan kasus penipuan, yang dipimpin majelis hakim Taufan Mandala dengan penuntut umum Theodora M, tetap di laksanakan dan tanpa penolakan atau keberatan dari para pihak. Dalam kasus tersebut jaksa Theodora menuntut para terdakwa selama tiga tahun penjara.

Adanya Covid-19 yang menimpa tahanan wanita di dalam Rutan Pondok Bambu, Plt Karutan Pondok Bambu Jakarta, Ema Puspita telah mengirimkan surat tentang peniadaan sidang terhadap terdakwa wanita tanpa batas waktu yang ditentukan, akan tetapi Pengadilan tetap melaksanakan persidangan vidio conference.

Menyikapi persidangan tanpa dihadiri terdakwa, humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara Djuyamto, SH, MH, mengatakan hal itu berdasarkan pasal 12 UU Kekuasaan Kehakiman, membolehkan sidang tanpa kehadiran terdakwa jika pemeriksaan perkara telah selesai. Dimana acara sidang hari ini adalah pembacaan pledoi penasihat hukum terdakwa bukan lagi pemeriksaan saksi saksi maupun pemeriksaan bukti lainnya. Disamping itu perkara tersebut tiga terdakwa dalam satu berkas perkara, serta penasehat hukum terdakwa telah berkomunikasi dengan para terdakwa”, katanya 12/05.

Penulis : P.Sianturi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here