Home Berita Terbaru Tiga Stasiun KA di Jakpus Merupakan Prioritas Penataan Kota

Tiga Stasiun KA di Jakpus Merupakan Prioritas Penataan Kota

67
0

Jakarta, mediatransparancy.com –Tiga Stasiun Kereta Api di wilayah Jakarta Pusat menjadi prioritas utama dalam program penataan kota yang segera akan dilakukan. Ketiga stasiun tersebut yakni, stasiun kereta api Juanda, stasiun kereta api Tanah Abang dan stasiun Kereta api Senen. Seluruh Pedagang Kaki Lima (PKL) bakal ditertibkan dari kawasan stasiun dengan solusi  di cari lokasi relokasinya.

Program penataan dan pengawasan stasiun itu merupakan kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan PT.Kereta Api In donesia. Dinana pembahasannya menitik beratkan terhadap dampak kesembrawutan yang terjadi di sekitar stasiun, sehingga perlu penyelesaian dengan kerja sama semua sektor.

Berkaitan penataan tersebut, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, menyampaikan, penataan dan pengawasan sejumlah stasiun merupakan prioritas di Jakarta Pusat. Hal itu dilakukan atas hasil kerja sama dan sudah di rapatkan  dengan pihak Kereta api yang mengambil kesimpulan bahwa disekitar kawasan stasiun kereta harus ditata keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) nya, katanya 14/01 usai rapat koordinasikan di balai dikantor Wali kota Jakarta Pusat bersama UKPD Jakarta Pusat.

Program prioritas Pemprov DKI Jakarta ini, maksutnya supaya terintegrasi dengan seluruh jalur angkutan umum yang akan di gunakan masyarakat. Jangan sampai masyarakat terhambat jika ingin bepergiaan menggunakan angkutan umum seperti Tans Jakarta, angkutan umum Angkot dan Kereta Api. ” Seluruh dunia saat ini, lebih populer menggunakan transportasi Kereta Api dan kita harus mengikuti taraf dunia tersebut. Untuk itu disekitar tiga stasiun Kereta Api itu harus segera ditata dan diawasi”, ujarnya.

Wali kota juga memerintahkan para Lurah dan Camat supaya segera menindaklanjuti program prioritas tersebut.  Seperti Stasiun Juanda harus segera ditangani Camat Sawah Besar dan Camat Gambir, Stasiun Tanah Abang ditangani Camat Gambir serta Stasiun Senen harus segera ditangani Camat Senen.

Seluruh PKL yang ada disekitar Stasiun harus di relokasi. “Kita akan cari solusi tempat pemindahan atau relokasi para PKL tersebut, kata Bayu menegaskan.

Sementara Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menambahkan, para Camat dan Lurah yang terkait dengan penataan Stasiun meminta segera berkoordinasi dengan para pihak. Harus mencari solusi untuk mencari tempat relokasi para PKL. Seperti PKL di dekat Masjid Istiqlal, Kecamatan Sawah Besar.  Sesuai keterangan dari Dishub bahwa jalan disekitar Masjid Istiqlal itu harus bersih dari PKL. Camat harus memindahkan PKL tersebut sebab jalan itu harus segera digunakan. Para PKL kalau tidak berfungsi lagi di tertibkan saja. “Maksutnya dipindahkan ketempat yang lain di bina supaya bisa masuk PKL binaan UMKM JP, kata wakil dengan tegas.

Menyikapi perintah Wali Kota dan Wakil tersebut, Camat Sawah Besar Prasetyo Kurniawan mengatakan, ” pihaknya akan mengikuti perintah pimpinannya. “Jika perintahnya menertibkan akan saya tertibkan”, ujarnya pada mediatransparancy.com.

(P.Sianturi)

alterntif text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here