banner 728x250

Tim Transisi Bupati Terpilih Kabupaten Samosir Menuai Kontroversi

  • Share
Foto: Dr. Robert Simbolon. MPA pengamat pemerintahan

MEDIA TRANSPARANCY- Dibentuknya tim Transisi oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Samosir, Vandiko Gultom dan Martua Sitanggang, menuai berbagai komentar dikalangan masyarakat.

Pasalnya, beredarnya berita bahwa tim transisi tersebut mengundang para kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah ) serta para Camat se-Kabupaten Samosir dan mengadakan pertemuan di Hotel Vantas di Desa Sialanguan, kecamatan Pangururan Samosir pada Hari Rabu-Kamis kemarin.

judul gambar

Tim transisi  menjadi tranding topik disetiap pembahasan, baik di media sosial seperti  group WAG dan  Facebook maupun dikalangan masyarakat.

Komentar tersebut juga dilontarkan oleh Dr. Robert Simbolon. MPA, dan merupakan salah pengamat Pemerintahan di Jakarta.

“Tidak ada mekanisme transisi dalam sistem tata kelola pemerintahan daerah kita. Maka, tidak ada itu Tim Transisi,” ujarnya lewat pesan WatsAppsnya. Kamis (22/4/2021).

Lebih lanjut Robet Simbolon menjelaskan, “mekanisme  yang diketahuinya tentang Kepala Daerah yang baru terpilih”. “Setelah Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih dilantik, mereka wajib menuangkan Visi, Misi dan program strategisnya saat kampanye ke dalam RPJMD. RPJMD tersebut dilaksanakan melalui penyusunan RKPD tahunan, yang dituangkan ke dalam APBD. Begitu mekanisme kerjanya. Semuanya harus melalui proses politik dengan melibatkan DPRD,” paparnya.

Mantan Pejabat Gubernur Nusa Tenggara Timur  dan mantan Pejabat Gubernur Bengkulu itu juga menjelaskan tentang pengalaman pribadinya.

“Pengalaman saya, KDH dan WKDH terpilih bisa saja membentuk satu Tim Percepatan yang bertugas menyelaraskan ABPD berjalan yang sudah given dengan agenda kerja prioritas KDH dan WKDH terpilih yang dipandang perlu segera dilaksanakan setelah dilantik,” Ungkapnya.

“Sebagai Pejabat Gubernur, saya yang memimpin pertemuan Tim Percepatan dengan para Kepala OPD. Bukan Tim Percepatan yg mengundang para Kepala OPD. Karena, apabila arahan KDH dan WKDH Terpilih melalui Tim Percepatan berimplikasi kepada perubahan dalam APBD, harus disampaikan ke DPRD untuk meminta persetujuan,” Pungkasnya mengakhiri.

Sebelum diberitakan tim transisi Bupati dan Wakil Bupati Samosir terpilih, Vandiko Timotius Gultom-Martua Sitanggang mengundang Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke Posko Paslon Vantas, Rabu (21/4/2021).

Penulis.  Jepri Sitanggang
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *