Home DAERAH TMMD ke-96, Wagub Jateng : Kalau Kota Maju, Desa Juga Harus Maju

TMMD ke-96, Wagub Jateng : Kalau Kota Maju, Desa Juga Harus Maju

331
0
Foto : Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmiko didampingi Bupati Klaten Hajah Sri Hartini SE, Danrem 074 Warastratama

Klaten, Mediatransparancy.com – Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmiko didampingi Bupati Klaten Hajah Sri Hartini SE, Danrem 074 Warastratama serta Muspida Klaten membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 96 dan TMMD sengkuyung tahap 1 di Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Klaten Jawa Tengah. Pembukaan yang digelar dilapangan Panggang Selasa ( 3/5) dihadiri seluruh elemen masyarakat, TNI/Polri dan pegawai negeri sipil. TMMD di wilayah lereng Gunung Merapi itu direncanakan akan berlangsung selama 30 hari (3/5-1/6).

Foto : Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmiko didampingi Bupati Klaten Hajah Sri Hartini SE, Danrem 074 Warastratama serta Muspida Klaten membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 96 .
Foto : Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmiko didampingi Bupati Klaten Hajah Sri Hartini SE, Danrem 074 Warastratama serta Muspida Klaten membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 96 .

Heru Sudjatmoko mengatakan perjalanan TMMD yang sudah 96 tahun ini merupakan bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat guna percepatan pembangunan desa dan merawat semangat kegotong-royongan. Sehingga pembangunan di desa dengan kota tidak memiliki jarak yang lebar.

“Kalau kota maju maka desa juga harus lebih maju. TMMD memperkuat wilayah pedesaan dengan kesengkuyungan,” ujar Wagub Jateng, Heru Sudjatmoko.

Heru Sudjatmoko menuturkan selama ini TNI AD bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, Bappeda Provinsi, Bapermas Provinsi, Pemkab maupun Pemkot untuk komitmen membangun bangsa dan percepatan pembangunan desa. Harapannya, desa sebagai entitas unik dengan kearifan lokal memiliki SDM yang unggul, mandiri, kreatif inovatif, dan berkarakter.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0723/ Klaten, Letkol Inf Bayu Jagat menerangkan, bahwa sasaran fisik TMMD di Desa Panggang meliputi, betonisasi jalan dengan panjang 1.596 meter, lebar 3 meter, tebal 0,1 meter, rehab rumah 10 unit, jamban keluarga 8 unit, dan rehab runah ibadah 1 unit. Sementara, sasaran non fisik seperti penyuluhan wawasan kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, kamtibmas dan bahaya narkoba.

“Manfaatnya, tentu untuk meningkatkan perekonomian desa, kesejahteraan masyarakat desa, menumbuhkan semangat kegotong-royongan, menjaga persatuan dan kesatuan, serta membuka akses jalur evakuasi. Untuk personel TMMD ada 225 orang,” terang Letkol Inf Bayu Jagat yang juga Dansatgas TMMD Reguler Ke-96.

Editor : Chris Muryat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here