Home Artikel Usia Berapakah Anda Benar-Benar Merasa Sudah Tua ?

Usia Berapakah Anda Benar-Benar Merasa Sudah Tua ?

92
0
Foto : iLustrasi

Saat rambut mulai memutih, kulit mulai keriput, dan tenaga mulai menurun, di saat itulah Anda merasa kalau Anda sudah mulai menua. Perasaan ini juga makin terasa saat Anda merasa dunia makin banyak berisi orang-orang yang punya fisik lebih muda. Apakah Anda sudah tua?

Padahal kalau dilihat-lihat, usia Anda belum terlalu tua kok.

Mengutip Today.com, Nathan Yau dari FlowingData, sebuah blog yang memaparkan data statistik, analisis, dan data tentang kapan sebenarnya seseorang mulai merasa tua. Berdasarkan data selama lima tahunan yang dikumpulkan American Community Survey, seseorang mulai merasa tua ketika usia mereka mulai beranjak mencapai usia 37-38 tahun.

Namun menurut ahli ada perbedaan yang mendasar tentang menua secara usia dan memang benar-benar sudah tua. “Ini tergantung pada budaya dan lingkungan sosial,” kata Andy Scharlach, direktur dari Center for the Advanced Study of Aging Services di University of California, Berkeley.

“Semuanya tergantung pada standar yang digunakan. Pada kebanyakan orang berusia 37 tahun, mereka merasakan kekurangan dari situasi di mana mereka harus bekerja keras, tampil cantik dan muda. Mereka juga dituntut untuk bisa tampil tampil layaknya seperti mereka saat masih berusia 20 tahun. Ini tidak seperti saat orang sudah berusia 60 tahunan lebih di mana mereka merasa tua karena usianya.”

Hanya saja hal ini tak berati kalau orang lanjut usia ini merasa putus asa soal usianya. Sebaliknya, dia mengungkapkan, jika orang berusia 60 tahun ke atas diberi pertanyaan soal kepuasan hidup, mereka adalah kelompok orang yang punya kepuasan hidup paling tinggi.

“Kepuasan ini meningkat di usia 20 tahun, kemudian menurun lagi, dan meningkat kembali di usia 60-70 tahun.”

Penulis : Chris Muryat/Rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here