Home DAERAH WAGUB BAGIKAN MASKER KEPADA PENGUNA JALAN RAYA

WAGUB BAGIKAN MASKER KEPADA PENGUNA JALAN RAYA

266
0

Transparancy.com, Jambi– Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Fachrori Umar.M.Hum membagikan masker kepada pengguna jalan raya yang berada dikota Jambi tepatnya di jalan Hayam Wuruk Simpang Jelutung, Jum’at pagi (14/3-14). Pembagian 10 ribu masker ini dibagi dalam lima titik pada Kota Jambi, diantaranya Simpang Jelutung, Simpang Pulai, Simpang Mayang dan Simpang Kota Baru Jambi. Pembagian masker oleh Wagub ini juga dibantu oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Jambi dan Palang Merah Indonesia (PMI) Jambi.

“Kabut asap akibat kebakaran lahan ini telah menyelimuti hampir merata kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Kondisi ini menyebabkan kualitas udara semakin memburuk. Tercatat, kualitas udara terburuk
terjadi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Muaro Jambi dan Kota Jambi. Di Kota Jambi, saat ini (Jum’at, 14/03) jarak pandang 500 meter pada jam 06.00 WIB. Kondisi ini bisa mempengaruhi kondisi kesehatan warga,” ujar Wagub.

Wagub menghimbau perusahaan-perusahaan yang berada di Provinsi Jambi untuk berhati-hati dalam
membuka lahan baru dengan cara tidak membakar lahan dan juga para petani untuk tidak membakar lahan yang akan dijadikan kebun, juga bagi perokok agar tidak membuang puntung rokoknya di lahan perkebunan atau ditempat yang mudah terbakar. Disamping itu, Wagub mengajak warga menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar rumah agar terhindar dari serangan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), dan sekarang sudah tercatat 55.847 orang ISPA di Provinsi Jambi.

Pada kesempatan ini Wagub juga menyempatkan diri untuk berbincang-bincang bersama petugas kepolisian yang berada di pos polisi Simpang Jelutung dan beristirahat sejenak di dalam pos penjagaan tersebut.
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, M.Zubaidi.AR,SH,M.Si
menyebutkan, tingkat Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) hingga hari ini terpantau meningkat dibanding hari sebelumnya, dimana hari sebelumnya 90, hari ini ISPU sudah menyentuh angka 128,
jauh dari standar kesehatan. “Sementara itu, titik api (hot spot) yang terpantau ada 21 titik terbagi di berbagai lokasi diantaranya, Tanjung Jabung Timur ada 10 titik, Muaro Jambi ada 7 titik, Tanjung Jabung Barat 2 titik, Sarolangun 1 titik dan Kerinci 1 titik,” jelasnya. (lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here