Home NASIONAL Wagub Djarot : Jenazah Suami-Istri Sebaiknya Dimakamkan Secara Tumpang

Wagub Djarot : Jenazah Suami-Istri Sebaiknya Dimakamkan Secara Tumpang

312
0
Foto : Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat .

Jakarta, Mediatransparancy.com – Sistem pemakaman seperti ini dinilai dapat meminimalisir makam fiktif yang saat ini marak ditemukan di Taman Pemakaman Umum (TPU) di Ibukota.

Makam fiktif yang telah di bongkar Dinas Pemakaman di DKI Jakarta menunjukkan angka yang begitu fantastis, catatan Dinas Pemakaman DKI Jakarta terhitung hampir 200 makam fiktif tersebar di TPU DKI Jakarta yang sudah diratakan.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menyarankan jenazah warga yang berstatus suami isteri dimakamkan dengan pemakaman tumpang.

“Tadi saya sudah ngomong, makam tumpang untuk suami istri. Sebaiknya kalau suami istri makamnya jadi satu,” katanya, Rabu (3/8) kemarin.

Djarot menuturkan, selama ini salah satu faktor penyebab munculnya makam fiktif karena adanya kebiasaan dari warga yang memesan makam terlebih dahulu sebelum meninggal dunia.

“Ada banyak juga warga yang memesan makam dekat istri dan keluarganya padahal belum meninggal dunia,” ujarnya.

Menurut Djarot, pemakaman tumpang tidak hanya efektif meminimalisir makam fiktif, tetapi juga meringankan beban warga dalam kepengurusan pemakaman.

“Makam tumpang itu merawatnya mudah. Kemudian biayanya, retribusinya jadi satu. Ziarahnya pun mudah,” kata Wagub Djarot.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here