Home DAERAH WAGUB HARAP MAHKAMAH AGUNG TETAP TEGAKKAN SUPREMASI HUKUM

WAGUB HARAP MAHKAMAH AGUNG TETAP TEGAKKAN SUPREMASI HUKUM

237
0

Kota Jambi, Transparancy.comWakil Gubernur (Wagub) Jambi,H.Fachrori Umar berharap agar Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia tetap menegakkan supremasi hukum. Harapan tersebut dikemukakan oleh Wagub dalam Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Mahkamah Agung RI, bertempat di Aula Kantor Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Kota Baru, Kota Jambi, Sabtu (23/8) siang.

Wagub mengatakan, pemerintah menjalankan tiga fungsi yang hakiki, yaitu, pertama, menjalankan fungsi pembangunan yang bertujuan menyejahterakan rakyat, kedua, menjalankan fungsi pelayanan yang bertujuan menjamin terciptanya rasa keadilan di masyarakat, dan ketiga, menjalankan fungsi pemberdayaan yang bertujuan menciptakan kemandirian masyarakat.

Wagub mengapresiasi berbagai capaian yang telah diraih oleh Mahkamah Agung beserta institusi peradilannya, antara lain, kinerja manajemen perkara yang signifikan, keberhasilan implementasi modernisasi Sistem Teknologi Informasi Perkara, status Wajar Tanpa Pengecualian kedua kalinya, penghargaan Peringkat Pertama dari KPK pada Survei Integritas Sektor Publik 2013 pada instansi nasional vertikal, dan empat besar penyerapan anggaran tingkat nasional.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Drs.H.Djajusman, MS, SH, MH,M.M.Pd, dalam sambutannya menuturkan sejarah didirikannya Mahkamah Agung Republik Indonesia dan urutan pergantian para pemimpin Mahkamah Agung tersebut.

Djajusman mengatakan, dengan berbagai perubahan, sejak tahun 2004, seluruh peradilan berada dibawah Mahkamah Agung.

Selanjutnya, Djajusman nenghimbau pegawai Pengadilan Tinggi Agama Jambi dan Pengadilan Agama Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi untuk meningkatkan pengetahuan, jangan sampai meleset dari aturan, dan meningkatkan integritas.

Ketua Panitia, Drs.H. Tamrin Habib, SH,MH, dalam laporannya menyampaikan, tema HUT ke-69 Mahkamah Agung RI ini adalah,”Dengan Semangat Pembaruan, Kita Ciptakan Peradilan Berbasis Pelayanan.”

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Pengadilan Agama atau yang mewakili dari Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, perwakilan dari Rektor Institut Agama Islam Negeri Sultan Thaha Syaifudin Jambi, Kepala Cabang BRI Jambi, serta para undangan lainnya. (lia/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here