Home DAERAH WAGUB HARAP WISUDAWAN/WATI TIDAK HANYA BERPIKIR MENJADI PNS

WAGUB HARAP WISUDAWAN/WATI TIDAK HANYA BERPIKIR MENJADI PNS

199
0
Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Henrizal; perwakilan dari Bappeda Provinsi Jambi, Edi Sukarno; serta para undangan lainnya.

Mendalo, Kab. Muaro jambi-Transparancy.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar berharap agar para wisudawan dan wisudawati tidak hanya berpikir menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Harapan tersebut disampaikan oleh
Wagub dalam Rapat Terbuka Senat Universitas Jambi Dalam Rangka Dies Natalis ke-51 dan Wisuda ke-65 Program
Diploma, Sarjana, Magister, Profesi Dokter Semester Genap Tahun Akademik 2013/2014, bertempat di Balairung Universitas Jambi Kampus Mendalo, Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu siang (5/4).

“Saya berharap para lulusan yang diwisuda ini tidak hanya mengejar posisi di birokrasi atau Pegawai Negeri Sipil, yang sudah pasti sangat terbatas, sementara peluang kewirausahaan sebenarnya terbentang luas, asal kita mampu menciptakan inovasi, kreativitas, dan daya saing profesionalitas diri,” ujar Wagub.

Wagub mengungkapkan, dirinya telah banyak melihat berbagai kerjasama yang dilakukan oleh Universitas Jambi, baik jalinan kerjasama dengan lembaga pendidikan maupun dengan lembaga swasta dan lembaga pemerintah. Wagub mengatakan bahwa jalinan kerjasama dengan swasta yang dilakukan oleh Universitas Jambi, dalam program pemanfaatan dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan, merupakan satu langkah positif dalam penciptaan lapangan kerja, dan kerjasama itu tentunya telah memberikan kontribusi terhadap pengurangan jumlah pengangguran dan peningkatn kinerja ekonomi masyarakat.

Wagub berpesan supaya mahasiswa tidak hanya mengejar nilai atau angka yang tinggi, namun juga berpikir positif dan bijak serta mencari makna dari perkuliahan yang diikuti, dengan pertanyaan apa manfaat mata kuliah yang diikuti dan apa yang bisa diperbuat dengan mata kuliah yang diikuti. Wagub menyatakan bahwa apabila para mahasiswa telah menanamkan jiwa seperti ini, insyaallah keraguan para wisudawan/wati untuk tidak mendapatkan pekerjaan setelah lulus, tidak akan terjadi.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan Republik Indonesia, Prof.Dr.Ir. H. Musliar Kasim, MS memberikan orasi ilmiah kepada para wisudawan/wati serta memotivasi para wisudawan/wati untuk melakukan karya yang terbaik.

Sebelumnya, Rektor Universitas Jambi, Prof. Dr. Aulia Tasman, SE, M.Sc dalam laporannya menyampaikan, dalam wisuda ini, sebanyak 1.652 orang yang diwisuda, terdiri dari 91 orang Program Diploma, 1.403 orang Sarjana (S1), 152 orang Program Magister (S2), dan 6 orang Program Profesi Dokter.

Aulia Tasman menyatakan, kemajuan Provinsi Jambi tidak bisa dipisahkan dari kemajuan sumber daya manusia, dan Universitas Jambi secara berkesinambungan berupayameningkatkan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Jambi.

Turut hadir dalam acara tersebut Walikota Jambi, H.Sy.Fasha, serta para undangan lainnya. Peninjauan Gudang Penyimpanan Soal UN SLTA dan Kunjungan ke SMP Muhammadiyah

Selanjutnya, Wamendikbud dan Wagub serta rombongan meninjau gudang penyimpanan soal Ujian Nasional (UN) SMA dan SMK (SLTA) di Kelurahan Thehok Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi. Kemudian, Wamendikbud dan Wagub beserta rombongan mengunjungi SMP Muhammadiyah di Jalan KH. Ahmad Dahlan No.10 Kelurahan Beringin Kecamatan Jambi Pasar, Kota Jambi. (lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here