Home DAERAH Wagub Himbau Jemaah Luruskan Niat Tunaikan Ibadah Haji

Wagub Himbau Jemaah Luruskan Niat Tunaikan Ibadah Haji

223
0
Wagub Lepas Calon Jamaah Haji Asal Jambi Di Embarkasi Padang
Kota Padang, Prov. Sumbar -Transparancy.com-Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar menghimbau jemaah calon haji untuk meluruskan niat dalam menunaikan ibadah haji. Hal tersebut disampaikan oleh Wagub dalam Pelepasan Jemaah Calon Haji Asal Provinsi Jambi Embarkasi Padang Tahun 2014 M/ 1435 H, bertempat di Aula Asrama Haji Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Selasa (9/9) malam.

“Niat harus diluruskan dalam menunaikan ibadah haji,” ujar Wagub dalam arahannya. Wagub menghimbau jemaah calon haji untuk menjaga kesehatan dengan disiplin agar bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dalam ibadah naik haji.

Wagub juga menghimbau jemaah supaya banyak berzikir. Selanjutnya, Wagub menghimbau jemaah untuk saling bekerja sama, kompak, dan saling membantu.

Selain itu, Wagub mengingatkan bahwa ketua regu harus bisa memimpin regu dan agar petugas haji bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara maksimal.

Wagub mengungkapkan, tahun 1993, dirinya menunaikan ibadah haji dan menjadi ketua rombongan.

Wagub berharap, jemaah calon haji bisa menunaikan ibadah haji dengan baik, menjadi haji mabrur, dan pulang dalam kondisi sehat.

Setelah menyampaikan arahan, Wagub menyerahkan bendera merah putih kepada ketua Kloter VIII Embarkasi Padang Tahun 2014 M/ 1435 H, sebagai simbol dilepasnya jemaah calon haji Kloter VIII Embarkasi Padang tersebut.

Kepala Kantor Perwakilan Kementerian Agama Provinsi Jambi, Drs.H.Mahbup Darianto, M.PdI, dalam sambutannya menyampaikan, satu kloter lagi akan diberangkatkan dari Provinsi Jambi pada tanggal 16 September 2014 (pagi), yakni Embarkasi Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Mahbup berharap agar tahun depan kuota haji ditambah sehingga mengurangi antrian orang yang akan naik haji.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Wagub, Mahbup juga berpesan supaya jemaah calon haji menjaga kesehatan, terutama karena suhu di Mekah dan Madinah di kisaran 40 sampai 50 derajat celcius.

Mahbup mengemukakan bahwa niat untuk naik haji bukan karena menemani orangtua, mertua, atau keluarga, tetapi harus diubah karena Allah.

Kepala Bidang Bimbingan Jemaah Haji Embarkasi Padang Tahun 2014 M/ 1435 H, Drs.H.Ali Amran, M.Ag, dalam laporannya menyampaikan, jemaah calon haji Kloter VIII ini akan diberangkatkan pada jam 00.30 WIB (Kamis, 10 September 2014), menggunakan pesawat Garuda Indonesia, Boeing 747 Seri 400, dari Bandara Internasional Mingnagkabau.

Ali Amran menyatakan, jumlah jemaah calon haji embarkasi Padang tahun 2014 M/ 1435 H sebanyak 5.915 orang, terdiri dari, dari Provinsi Sumatera Barat 3.597 orang, dari Provinsi Jambi 961 orang (dari Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kabupaten Kerinci, dan Kota Sungai Penuh), dari Provinsi Bengkulu 1.292 orang, dan petugas 65 orang.

Ali Amran mengatakan, jemaah calon haji Embarkasi Padang diterbangkan dalam 13 kloter, 1 kloter terdiri dari 450 jemaah dan 5 orang petugas.

Dikatakan oleh Ali Amran, dalam jemaah calon haji Kloter VIII Embarkasi Padang Tahun ini, jemaah termuda dan tertua berasal dari Provinsi Jambi. Jemaah termuda atas nama Putri Purwasih Trasipin, umur 19 tahun, dari Batang Bungo Kabupaten Muara Bungo. Jemaah tertua atas nama Abdul Karim Datuk Ranggo, umur 82 tahun, dari Bungo Tanjung Pasar Bangko Kabupaten Merangin.

Ali Imran juga menyampaikan, jumlah jemaah yang telah berada di Arab Saudi (termasuk petugas) sampai dengan Kloter VII sebanyak 3.174 orang, dengan rincian 1.276 orang jemaah pria dan 1.898 orang jemaah wanita.

Selain itu, dalam sambutan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, yang disampaikan oleh Safrian, S.KM, M.Kes dijelaskan beberapa tips untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, yang akan sangat menunjang dalam melaksanakan ibadah naik haji.

Turut hadir dalam acara tersebut, perwakilan dari Panitia Pelaksana Haji (Pusat) Tahun 2014 M/ 1435 H, Sekda Sarolangun, perwakilan dari Biro Kesra Setda Provinsi Jambi, perwakilan dari Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, serta para undangan lainnya. (lia/hms).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here