Home DAERAH Wagub Jateng : Individu Satpol PP harus Memiliki Dedikasi dan Integritas, Hindari...

Wagub Jateng : Individu Satpol PP harus Memiliki Dedikasi dan Integritas, Hindari Pungli

271
0
Foto : Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi bersama Satpol PP.

Karanganyar, Mediatransparancy.com – Berhadapan langsung dengan masyarakat yang berpotensi terjadi adu fisik, menjadi tantangan tersendiri bagi anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Karenanya, profesionalitas mesti dikedepankan.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi menyampaikan tidak mudah menghadapi kondisi di masyarakat. Terlebih, dalam menghadapi persoalan yang berpotensi terjadi konflik. Namun, apa pun permasalahan yang dihadapi saat menjalankan tugas, Satpol PP mesti dapat mengendalikan diri. Mereka dituntut lebih humanis dalam bertindak, dekat dengan rakyat, dan bisa lebih persuasif. Prinsipnya, pelayanan terbaik kepada rakyat menjadi yang utama dan mutlak dikedepankan.

“Tegas itu penting, tapi tegas itu beda dengan kasar. Lakukan dan terapkan pendekatan kultural sosiologis dengan masyarakat agar lebih simpatik,” katanya, saat Upacara Pembukaan Jambore VI Satpol PP se-Jawa Tengah di Lapangan Resort Tawangmangu, Rabu (21/9).

Wagub menekankan pendekatan humanis mesti dilakukan agar pelayanan kepada masyarakat betul-betul dapat dirasakan. Kedepankan senyum, salam dan sapa (3S) pada setiap pelaksanaan tugas penegakan Perda. Yang penting jangan pernah ada tindakan pemerasan atau pungli. Dedikasi dan integritas harus dimiliki setiap individu Satpol PP.

Terkait susunan organisasi dan tata kerja (SOTK) yang efektif berlaku pada 1 Januari 2017, Heru meminta agar jangan sampai mengurangi kualitas pelayanan. Dengan penataan yang dilakukan, justru harus mendorong peningkatan kinerja dan memberikan pelayanan publik yang makin baik.

Jambore yang diselenggarakan selama empat hari dari Selasa (20/9) sampai Jumat (23/9) diikuti 385 personel Satpol PP dari seluruh kabupaten/ kota se-Jawa Tengah. Kegiatannya antara lain pembekalan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian anggota Satpol PP.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here