Home DAERAH WALIKOTA BICARA BANK SAMPAH DI FORUM DUNIA

WALIKOTA BICARA BANK SAMPAH DI FORUM DUNIA

289
0
Walikota Jambi, Syarif Fasha, saat jadi pembicara dalam forum World City Summit (WCS). IST

Singapura, Transparancy.com – Walikota Jambi H. Syarif Fasha menjelaskan strategi Pemerintah Kota Jambi dalam pemberdayaan Bank Sampah, serta political will yang dikelurakan Walikota selama ini, pada forum World City Summit (WCS) di Marina Bay Sands, Singapura, yang diselenggarakan selama tiga hari dari Sabtu (31/5) hingga Selasa (3/6). Walikota H. Syarif Fasha juga menyampaikan bahwa di Kota Jambi setiap pasangan pengantin baru harus menanam pohon.

Kedua strategi tersebut mendapat mandapat sambutan dan aplaus yang antusias dari seluruh peserta. Pertemuan Walikota sedunia ini dihadiri utusan dari 120 negara, Indonesia sendiri mengirm sembilan walikota yakni, Walikota Jambi, Tangerang, Medan, Binjai, Bandung, Batam, Palu, Bintan dan Makasar. Serta beberapa gubernur diantaranya, Gubernur Jambi, Sumut, Sumsel dan DKI Jakarta. Dalam forum internasional tersebut, semua walikota harus menyampaikan permasalahan daerah masing-masing terkait pengelolaan sampah, air bersih dan lingkungan, termasuk strategi penanganan ketiga hal tersebut.

Menariknya lagi dalam forum tersebut, saat kesempatan ekspose yang diberikan masing-masing walikota selama lima menit, ekspose yang disampaikan Walikota Jambi H. Syarif Fasha mendapat sambutan yang sangat luar biasa dari peserta forum internasional itu. ” Saya belum pernah mendengar ada Bank Sampah dan ada keharusan menanam pohon bagi pasangan pengantin baru.” ujar Walikota New York. Strategi konvensional dan tradisional yang dilakukan Walikota Fasha selama ini sangat menarik bagi peserta dunia, mereka sangat antusias untuk mengunjungi dan melihat langsung pelaksanaan hal tersebut di Kota Jambi.

Pertemuan tahunan ini diprakarsai beberapa negara besar, seperti Amerika, Australia, Belanda, Jerman, Jepang, India, Tiongkok, Singapura dan lain-lain, dan dibuka oleh Perdana Menteri Singapura Mr. Lee Hsien Loong.
Walikota Syarif Fasha juga sempat diundang makan siang oleh Wakil Menteri Senior Singapura yakni Mr. Masagos Zulkifli yang merupakan keturunan dari Palembang.

Selain mengikuti forum internasional WCS, Walikota Jambi bersama rombongan juga menghadiri pameran pengelolaan sampah dan air bersih serta lingkungan. Pada kesempatan itu perwakilan IBM Singapura sempat menawarkan bantuan IT untuk penyelenggaraan Pemerintah Kota Jambi. Dalam forum internasional itu Walikota Jambi didampingi oleh Kepala Bappeda, Kadis PU, Perhubungan, Distarum dan BPMPPT. ” Semoga Kota Jambi bisa memainkan perannya dan mendapat manfaat dari forum ini.” pungkas Walikota Jambi H. Syarif Fasha.(hms/lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here