Home DAERAH Walkot Fasha : CSR Agar Terlaksana Dengan Baik dan Sesuai Sasaran

Walkot Fasha : CSR Agar Terlaksana Dengan Baik dan Sesuai Sasaran

221
0
Foto : Wali Kota Syarif Fasha menjadi nara sumber dalam Dialog Publik Suara Mahasiswa Jambi, Sabtu(9/4)

Jambi, Mediatransparancy.com – Setelah beberapa kali diundang menjadi pembicara diberbagai acara, kini giliran Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Jambi (BEM UNJA) mengundang Wali Kota Syarif Fasha menjadi nara sumber dalam Dialog Publik Suara Mahasiswa Jambi, Sabtu(9/4).

Dialog Publik bertajuk CSR untuk Siapa? Itu sengaja menghadirkan Wali Kota Jambi Syarif Fasha karena keberhasilannya dalam program tersebut di Kota Jambi.

Pada tahun 2015 Pemerintah Kota Jambi telah dapat merealisasikan berbagai bantuan tanggung jawab sosial perusahaan kepada lingkungan secara terarah dan bersinergi. Dan hal tersebut telah mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat khususnya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk juga kualitas dan estetika lingkungan. Pemkot juga tetap berharap dukungan perusahaan dalam menyalurkan tanggung jawab sosialnya lebih meningkat pada tahun 2016 ini.

Dalam paparannya, Fasha menjelaskan strateginya agar CSR terlaksana dengan baik dan sesuai sasaran.

“Kami akan memfasilitasi sebaik mungkin agar perusahaan-perusahaan yang ada di Kota dapat dengan mudah melaksanakan kewajiban tanggung jawab sosialnya, kami akan memberikan data-data kegiatan mana yang layak dan kepada siapa sebaiknya disalurkan termasuk by name by adress. Dan silahkan perusahaan tersebut yang menyerahkan secara langsung, kami hanya memberikan datanya,” terangnya.

Fasha juga menerangkan tanggung jawab sosial perusahaan kepada lingkungannya bukan diperuntukkan untuk kegiatan belanja pembangunan seperti pembangunan jalan-jalan, ataupun gedung-gedung baru, namun CSR dilakukan pada bidang pendidikan, seperti bantuan beasiswa, pembayaran SPP, perlengkapan sekolah bagi siswa tdk mampu. Selain itu CSR juga dapat dilakukan pada bidang sanitasi sarana srasarana sekolah seperti bantuan meja kursi dan perbaikan MCK.

Untuk estetika kota, Fasha mengatakan CSR juga dapat diberikan untuk melengkapi berbagai fasilitas taman-taman kota. Sementara untuk mendukung upaya kebersihan lingkungan, CSR juga dapat disalurkan dalam bentuk bantuan gerobak sampah, gerobak motor sampah, mobil sampah serta kotak (tong) sampah, selain itu juga CSR dapat disalurkan dalam bentuk bantuan bibit pohon untuk penghijauan. Sementara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat CSR juga dapat diberikan dalam bentuk bantuan sarana usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Fasha juga mengatakan pada tahun 2016 ini, Pemerintah Kota Jambi telah memiliki Perda Tanggung Jawab sosial Perusahaan (CSR) yang disahkan pada akhir Desember 2015 lalu.

“Saya yakin, Perda ini akan memberikan jaminan dan kepastian bagi kita semua dalam mengimplementasikan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan kedepan,” harapnya.

Pada sesi tanya jawab, Fasha lebih banyak menjelaskan kiat-kiatnya dalam mengoptimalkan CSR di Kota Jambi. Fasha juga sempat menyampaiakan mengapresiasi kegiatan dialog yang digelar oleh BEM UNJA tersebut. Ia sangat setuju dengan tema yang diangkat oleh panitia.

“Tema CSR ini sangat hangat saat ini. Karena ini kewajiban perusahaan, saya berharap dialog publik ini akan melahirkan rekomendasi-rekomendasi positif guna mendorong perusahaan yang ada di Kota Jambi untuk menyalurkan CSRnya kepada masyarakat Kota Jambi,” ujarnya.

Penulis : Humas Jambi

Editor    : Safid Firdaus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here