Home DAERAH Wamenag Yakini MAN Insan Cendekia Jambi Cetak Kader-kader Terbaik Bangsa

Wamenag Yakini MAN Insan Cendekia Jambi Cetak Kader-kader Terbaik Bangsa

208
0

Mendukung peningkatan kualitas MAN Insan Cendekia Jambi, Kemenag Anggarkan biaya operasional 14 milyar pertahun

Muaro Jambi ( pijoan )-Transparancy.com – Wakil Menteri Agama Prof. Nazarudin Umar, MA., meyakini Provinsi Jambi mempunyai lembaga pendidikan yang mampu mencetak kader-kader bangsa yang berkualitas.
“Akan muncul kader-kader bangsa terbaik dimasa depan melalui lembaga pendidikan ini (MAN Insan Cendekia),” ujar Wamenag usai Peresmian Peningkatan Status MAN Cendikia Menjadi MAN Insan Cendekia, Jum’at (31/1) bertempat MAN Insan Cendekia.
Upaya menjadikan MAN Insan Cendekia Jambi menjadi lembaga pendidikan terbaik bagi anak-anak bangsa, Kementerian Agama Republik Indonesia telah menganggarkan biaya operasional sekolah sebanyak 14 milyar pertahun, alokasi dana yang begitu besar bagi lembaga pendidikan tersebut merupakan bukti keseriusan untuk memajukan pendidikan di Provinsi Jambi,”Kita konsentrasikan dana yang sangat besar untuk Insan Cendekia ini 14 milyar pertahun untuk biaya operasional,” kata Wamenag.
Besarnya biaya operasional sekolah menurut Wamenag Prof. Nazarudin untuk menunjang pendidikan yang berkualitas dengan harapan MAN Insan Cendekia mencetak lulusan yang berprestasi,”Sangat berbeda dengan sekolah lain antara lain anda bisa lihat dari segi penyebaran lulusannya, Insan Cendekia Jakarta nomor dua terbaik seluruh Indonesia yang hanya berbeda sedikit dengan SMU di Bali,” jelas Wamenag.
Menurut Wamenag Prof. Nazarudin, Provinsi Jambi merupakan satu-satunya Provinsi di Sumatera yang mempunyai MAN Insan Cendekia dari tiga MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia, untuk itu Wamenag berharap anak-anak Jambi dapat bersaing untuk masuk ke MAN Insan Cendekia sebagai sekolah yang menerima peserta didik dari seluruh Indonesia,”Sosialisasikan sekolah ini bisa menjadi sekolah yang mengangkat namanya Jambi sebagai kota pendidikan, anak-anak Jambi harus mampu masuk MAN Insan Cendekia,” ungkap Wamenag.
Harapan Wamenag atas prestasi serta mencetak kader-kader bangsa yang berkualitas dibidang ilmu dan agama tidak terlepas dari filosofi perubahan nama sekolah tersebut, diungkapkan Wamenag mengenai kata Madrasah mempunyai makna tempat bagi murid untuk belajar ilmu Allah melalui pendidik/guru sehingga murid dapat belajar dengan aktif serta mengembangkan kemampuan tanpa harus menunggu, sedangkan Insan memiliki makna manusia yang memiliki spiritualitas dan menjalani kehidupan sebagai makhluk yang patuh akan perintah Allah, Cendekia menjadi insan yang mampu mempraktekkan ilmu dalam kehidupannya dan keberadaannya dapat memberi manfaaat kepada yang lain.
Dengan filosofi MAN Insan Cendekia, Wamenag menegaskan lulusan madrasah tersebut benar-benar berkarakter Islam dengan kemampuan keilmuan yang tinggi serta berguna bagi nusa dan bangsa.
Sementara dalam sambutan Wagub menyampaikan kebanggaannya atas prestasi MAN Cendikia yang telah meningkat statusnya menjadi MAN Insan Cendekia mampu mengharumkan nama Provinsi Jambi serta merubah pandangan masyarakat terhadap lembaga pendidikan Islam yang kurang bermutu,”Prestasi serta output yang dihasilkan MAN Cendika selama ini dinilai mampu menggeser dan mendobrak stigma masyarakat bahwa lembaga pendidikan Islam selalu diasosiasikan sebagai lembaga pendidikan yang kurang bermutu,” ungkap Wagub.
Sebagai lembaga yang keberadaannya begitu penting dalam upaya meningkatkan kualitas SDM dan menciptakan keislaman dan kebangsaan yang tinggi, Wagub berharap lembaga pendidikan MAN Insan Cendekia terus berupaya memadukan Ilmu agama dan umum untuk kemajuan bangsa yang memilki SDM berkualitas dan berkarakter.
“Lembaga pendidikan harus mampu menjadi lembaga pendidikan yang mempertahankan dan meningkatkan ciri dan karakter keislamannya, mampu meningkatkan kemampuan dalam pola manajemen dan muatan kurikulum serta melakukan seleksi terhadap penerimaan siswa baru secara ketat dan profesional dengan dukungan staf pengajar dan karyawan yang berkualitas.”
Selanjutnya Wagub menyampaikan harapan keberlanjutan dan keseriusan semua pihak terkait dalam upaya memajukan pendidikan yang menjadi visi dan misi Jambi Emas 2015 dapat terlaksana dengan baik, bahkan Pemerintah Provinsi Jambi telah menganggarkan dana melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jambi untuk pembangunan MAN Insan Cendekia,”Tahun 2014 Pemprov Jambi telah menganggarkan bantuan dua ruang kelas baru dan dua mess/rumah guru untuk MAN Insan Cendekia,” kata Wagub.
Kemudian dilakukan penyerahan bantuan MCK Pondok Pesantren sebanyak empat lokasi sebesar Rp. 160 juta, bantuan Forum Komunikasi Pendidikan Al Qur’an Kabupaten/Kota sebelas lokasi sebesar Rp. 55 juta, bantuan Forum Komunikasi Pendidikan Al Qur’an Provinsi sebesar Rp. 10 juta , bantuan Forum Diniyah Takmiliyah Kecamatan 115 lokasi sebesar Rp. 287.500.000, bantuan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Kabupaten/kota sebelas lokasi Rp. 110 Juta, bantuan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Provinsi Rp. 25 juta.
Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Muaro Jambi Drs. Muhammad Fuad, Asisten Ekbang Kessos Setda Provinsi Jambi Ir. Haviz Husaini, Kakanwil Kemenag Provinsi dan Kakan Kemenag Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi, serta para tamu dan undangan lainnya.(lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here