Home DAERAH Warga Bertahan di Perahu Akan Dicarikan Rusun

Warga Bertahan di Perahu Akan Dicarikan Rusun

282
0
Foto : iLustrasi

Jakarta, Mediatransparancy.com – Pasca penertiban kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, sekitar 50 Kepala Keluarga (KK) masih bertahan di atas perahu di perairan dekat lokasi.

Sebagian dari mereka bersikeras tidak mau pindah karena menolak direlokasi ke rumah susun (rusun) Marunda atau Rawa Bebek. Sebagai solusi, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara, tengah mengupayakan rusun yang dekat laut.

Masih ada sekitar 20 kapal yang dijadikan tempat tinggal oleh warga yang tidak mau pindah dari Pasar Ikan. Tiap kapal tersebut diisi oleh sekitar 2-3 Kepala Keluarga (KK).

Kartini (40), Warga Pasar Ikan, Penjaringan Jakarta Utara, yang masih bertahan di perahu, mengatakan, dirinya enggan pindah karena anak-anaknya akan mengikuti ujian kenaikan sekolah. Dirinya khawatir kalau direlokasi ke Rusun Marunda atau Rawa Bebek, sekolah anaknya akan kesulitan.

“Anak kami sedang ujian naik-naikan kelas, kalau kami pindah sekolahnya bisa terlantar. Dan kalau kami pindah ke rusun Marunda sangat jauh dari sini. Kalau ada sih di Muara Angke, tidak jauh dari laut,” ujarnya, Rabu (13/4).

Wali Kota Jakarta Utara, Rustam Effendi menambahkan, pihaknya tengah mengupayakan agar warga bisa dipindah ke Rusun Muara Baru atau Kapuk Muara. Ia memaklumi bahwa sebagai nelayan, penghasilan mereka dari melaut, sehingga harus direlokasi ke dua rusun tersebut.

“Saya sedang cari unit rusun yang kosong di Muara Baru atau Kapuk Muara. Kita upayakan orangnya masuk dahulu, perahu bisa ditambatkan yang terdekat dengan rusun,” tandasnya. (Humas Jakarta.go.id)

Editor : Chris MP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here