Home DAERAH Warga Pertanyakan Gubernur Anies Baswedan, Pemasangan PJU di Kemayoran Harusnya Tahun 2019...

Warga Pertanyakan Gubernur Anies Baswedan, Pemasangan PJU di Kemayoran Harusnya Tahun 2019 Baru Sekarang Dilaksanakan

196
0

JAKARTA, MEDIATRASPARANCY.COM -Kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipertanyakan warga. Pasalnya, di Kelurahan Kebon Kosong dan Kelurahan Serdang, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, ditengarai adanya permainan atau penyalahgunaan anggaran di Dinas Perindustrian dan Energi (DPE ) terkait pemasangan tiang dan jaringan Penerangan Jalan Umum (PJU). Bukan hanya di wilayah Jakarta Pusat saja di seluruh DKI Jakarta di mungkinkan pemasangan jaringan PJU diduga bermasalah.

Dalam proyek pemasangan jaringan dan fasilitas PJU tidak semua dilaksanakan pada tahun anggaran 2019, namun Dinas yang menggunakan anggaran tersebut telah dibubarkan Gubernur Anies Baswedan. Dinas Perindustrian dan Energi sebagai kuasa pengguna anggaran pemasangan PJU kini dimerjer ke Dinas Bina Marga dan Sudin Bina Marga (DBM/SDBM) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ntah bagaimana pertanggungjawaban penggunaan anggarannya, yang jelas di sejumlah titik jaringan PJU tidak terpasang, sehingga warga mempertanyakan nya.

Hal itu terlihat dalam pengerjaan proyek pemasangan jaringan PJU di jalan Dakota Raya, dan Jalan Bendungan Jago, Kemayoran. Warga sudah lima bulan gelap tanpa pemasangan lampu jalan. Ironisnya, tahun lalu Dinas Perindustrian dan Energi tahun 2019 lalu hanya memasang tiang, tidak dibarengi dengan pemasangan jaringan kabel dan pemasangan lampu serta fasilitasnya sehingga warga berbulan bulan ke gelapan dan tidak nyaman jika melintas dari ruas jalan tersebut.

Menurut Andi nama samaran (46), warga Kelurahan Serdang, mengatakan, pemasangan fasilitas lampu jalan di Bendungan Jago dan Dakota Raya seharusnya dipasang tahun 2019 lalu. Akan tetapi baru dipasang sekarang ini, itu pun setelah warga komplain dan dipublikasi di Media Online. Warga menduga ada permainan anggaran dalam pemasangan PJU tersebut. “Mengapa pemasangan PJU dilakukan sekarang pada hal anggarannya tahun 2019 lalu. Sementara Dinas yang menggunakan anggarannya telah dibubarkan Gubernur”, ujarnya 2/05,/20.sembari mempertanyakan kinerja pemerintah DKI Jakarta disaat kepemimpinan Anies Rasyied Baswedan.

Menyikapi keluhan warga terkait pemasangan PJU di wilayah Kecamatan Kemayoran, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, ”
Sudah di Tindak Lanjuti (TL). “Sekarang Sudin Bina Marga Jakarta Pusat (SDBM JP), mulai pasang kabelnya untuk disambung”, ucapnya saat diminta tanggapannya Sabtu 2/05/20.

Menurut Irwandi, setelah di cek pemasangan tiang PJU ini merupakan kegiatan tahu 2019, Dinas Perindustrian dan Energi (DPE) tapi belum nyambung. Sebagaimana data pekerjaan DPE di wilayah Jakarta Pusat, pekerjaan tahun 2019 sebagai berikut. Pemasangan PJU di
jalan Tanah Tinggi Timur 10 tiang sudah nyala.
Jalan Tanah Tinggi Barat 10 tiang sudah nyala.
Jalan Utan Panjang Timur 30 tiang sdh nyala.

Pemasangan PJU di jalan
Utan Panjang Barat, sebanyak 30 tiang sudah nyala. Jalan Kemayoran Gempol sisi Timur 15 tiang sudah nyala. Di jalan Kemayoran Gempol sisi Barat sebanyak 15 tiang sudah nyala. Sementara di Jalan Dakota sebanyak 31 tiang baru nyala 6 tiang sisanya masih dipasang fasilitasnya. Serta di jalan Bendungan Jago sebanyak 27 tiang belum nyala. “Jumlah seluruhnya tiang PJU sebanyak 168 tiang”, kata Wakil Walikota.

(P.Sianturi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here