Home NASIONAL World Tourism Park Foundation (WTPF), Akan Deklarasikan Taman Wisata Dunia di Indonesia

World Tourism Park Foundation (WTPF), Akan Deklarasikan Taman Wisata Dunia di Indonesia

290
0
Foto : Narasumber Para Pendukung Indonesia sebagai ‘Tamannya Wisata Dunia’ di kawasan Senayan City, Jakarta Selatan, Jum’at (10/6/2016).

Jakarta, Mediatransparancy.com – Pengembangan dan meningkatkan para wisatawan asing di seluruh dunia untuk berkunjung ke Indonesia pada era pimpinan Presiden RI Joko Widodo, sebuah lembaga Nirbala/NGO World Tourism Park Foundation ini memiliki konsep menciptakan beberapa taman wisata dunia di Indonesia.

Foto : Pendiri dan CEO WTP Foundation Daniel ILI .
Foto : Pendiri dan CEO WTP Foundation Daniel ILI .

Sementara itu, Pendiri dan CEO WTP Foundation Daniel ILI mengatakan Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang layak mendapatkan predikat sebagai Kawasan Taman Wisata Dunia karena hanya Indonesia lah yang memiliki keanekaragaman potensi wisata di dalam satu kawasan yang tidak dimiliki oleh negara manapun di dunia seperti wisata alam, bahari, sejarah, budaya, kuliner, buah, maupun wisata MICE.

“Kami juga menaruh apresiasi kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang sangat mendukung adanya gerakan kampanye New9Wonderful ini,” ujar dia.

Seperti halnya beberapa taman wisata yang berada yang akan menjadi Taman Wisata Dunia yang berada di Indonesia ini adalah Provinsi Aceh yang berada di kepulauan Sabang dan juga di wilayah darat kota Maurauke di provinsi Papua.

Selain itu juga perlu kita ketahui banyak taman wisata di Indonesia yang menjadi daya tarik para wisatawan manca negara di dunia yang akan berkunjung ke Indonesia misalnya ada kepulauan, pulau, danau dan sungai.

Khususnya, ia mengatakan, wisata alam unggulan melalui event voting dan juga melalui penguatan kemasan dan bahkan menyiapkan positioning yang tepat agar masyarakat dunia mengetahui kelebihan Indonesia sebagai negara maritim.

Kategori kepulauan, lokasi yang terpilih antara lain Kepulauan Anambas, Mandeh, Derawan, Seribu, Karimun Jawa, Gili Terawang, Togian, Wakatobi, Raja Ampat, dan Kepulauan Takabonerate.daniel3

Kategori pulau antara lain Pulau Bunaken, Weh, Morotai, Enggano, Belitong, Seram, Nias, Komodo, dan Pulau Moyo. Sedangkan kategori gunung yang diajukan antara lain Gunung Batur Kintamani, Krakatau, Gede Pangrango, Kartenz Pyramid, Merapi, Bromo Tengger Semeru, Rinjani, dan Gunung Kerinci.

Kategori danau yang diajukan antara lain Danau Zambrud, Singkarak, Gunung Tujuh, Sentarum, Toba, Sentani, dan Danau Kelimutu. Sedangkan untuk kategori alam diajukan Ujung Kulon, Betung Kerihun, Tanjung Puting, Bantimurung, Way Kambas dan Kayan Mentarang.

Dan untuk kategori umum diajukan Sungai Musi, Pantai Olele, Teluk Cendrawasih, Sunga Barito dan Teluk Mamuju.

“Dengan menetapkan wilayah Indonesia sebagai ‘Tamannya Wisata Dunia’ yang letaknya berada di wilayah Asia Tenggara,” ujar Founder & CEO WTPF, Daniel ILI di kawasan Senayan City, Jakarta Selatan, Jum’at (10/6/2016).

Menurutnya, penetapan Indonesia sebagai kawasan taman wisata dunia tersebut memiliki pertimbangan sebagai berikut.

“Indonesia memiliki wisata alam terbanyak di dunia, Indonesia memiliki wisata bahari terluas di dunia,” kata Daniel.

Penulis : Aloysius Tedi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here