banner 728x250

Yusrizal ST. Politisi Idaman Masyarakat Lampura

  • Share

Lampung utara | Media Transparancy.com – Yusrizal, ST. Politisi handal, asli putera daerah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) yang terkenal akan keramahan dan santunnya di tengah – tengah masyarakat, membuat sosok yusrizal menjadi idaman dan selalu di rindukan kehadirannya di panggung kontestan politik tahun mendatang. Yusrizal politisi tampan yang akrab dengan sapaan bang Izal, mulai berkiprah di dunia politik setelah ia menyelesaikan pendidikannya di Universitas Saburai Lampung beberapa belas tahun silam.

Kepada sahabat bang izal, ia menceritakan perjalanan pasang surut kariernya di dunia politik. Sembari menikmati secangkir kopi dan bincang santai ia bercerita awal ia menggeluti dunia politik, dirinya bergabung di Partai Demokrat, di situlah ia mengembangkan ilmu politiknya, sehingga pada tahun 2004 ia mendapat kesempatan menjadi salah salah satu kandidat di panggung politik pemilihan anggota dewan provinsi lampung, berkat kerja keras tim pemenang dan doa restu orang tua, keluarga, dukungan masyarakat serta Ridho Allah SWT ia terpilih dan berhasil duduk menjadi anggota dewan provinsi lampung.

judul gambar

Karena kemampuannya dalam menjalankan mesin politik iapun kembali ke kampung halaman di lampung utara dan mendapat mandat dari ketua umum Partai Demokrat kalau itu Ketua Umumnya di nahkodai oleh Jendral Purnawirawan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Ketua Partai Demokrat Kabupaten Lampung utara. Disitulah kemampuannya meningkat secara signifikan sehingga pada suatu kesempatan ia mengikuti kontes politik dan terpilih kembali, tak tanggung – tanggung, karena perolehan suara yang luber ia terpilih menjadi Ketua DPRD Kabupaten Lampung utara, Jum’at (30/09/2022).

Bang izal melanjutkan perbincangan dengan sahabat, bahwasanya menajadi anggota dewan harus mampu memahami dan mendalami arti yang terkandung dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) Langkah-langkah dan cara tugas anggota dewan serta menjaga etika Norma-norma. Bilamana hal tersebut sudah dijalankan maka akan dapat membuat masyarakat yakin dan simpati terhadap apa yang telah dilakukan, oleh karenanya setelah duduk menjadi anggota dewan juga harus mampu menerapkannya dengan baik, dan lebih mengutamakan kepentingan masyarakat banyak daripada kepentingan pribadi.

Kita tahu, Dewan di daerah yang disebut DPRD salah satu fungsi pokok adalah melakukan pengawasan. DPRD mempunyai tugas dan kewenangan yang sangat besar dalam melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan di daerah, termasuk terhadap pelayanan publik.
Di daerah, DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat di daerah mempunyai peran penting dalam tata kelola pemerintahan di daerah.

Para anggota Dewan di daerah harus berperan besar dalam mengupayakan demokrasi dan mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan efisien. Salah satunya pengawasan Sosial dan pengawasan terhadap pelayanan publik. Hal ini bisa kita lihat dengan tingkat keperdulian anggota dewan tersebut.

Menjadi Wakil Rakyat harus mampu memberikan Pencerahan-pencerahan kepada masyarakat. Pengawasan DPRD terhadap pelayanan publik adalah merupakan pengawasan eksternal, yang fungsinya untuk memastikan bahwa pelayanan publik di daerah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan manfaatnya sampai ke masyarakat. Fungsi pengawasan akan meningkatkan kualitas fungsi legislasi, fungsi penganggaran, maupun fungsi representasi. Usulan perubahan peraturan maupun pembuatan peraturan baru di daerah akan jauh lebih baik apabila didasarkan pada hasil indentifikasi terhadap kondisi riil penyelenggaraan pelayanan publik. Pembahasan Rancangan APBD yang diajukan oleh pihak eksekutif juga akan memiliki dasar yang kuat apabila didasarkan pada hasil pengawasan oleh DPRD terhadap pelaksanaan pelayanan publik di tahun-tahun sebelumnya.

Menurut bang Izal, seperti pelaksaan perogram pemerintah dearah yang bekaitan dengan penunjang, peningkatan roda perikonomian masyarakat, pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur jalan, gedung yang bersumber APBD, di Kabupaten Lampung Utara, masih banyak menuai kritik dari bebagai alemem masyarat terutama pelayanan publik.

Sebagai  wakil rakyat, harus adil, amanah, harus berani jujur, bermoral, berkualitas, mampu membela kepentingan masyarakat, memperjuangkan hak-hak masyarakat, lebih memperhatikan kepentingan masyarakat, dan dapat melakukan peningkatan fungsi pengawasan DPRD yang akan berdampak positif pada peningkatan kualitas pelayanan publik di daerah, baik dari aspek penyelenggaraan maupun produk layanan, agar masyarakat dapat menikmati pelayanan publik yang optimal dan pprima

Menurut, bang izal ,“Saya hanya ingin Benar-benar mengabdi untuk masyarakat  Lampung Utara. Maka dari itu, saya harus melaksanakan aspirasi masyaraka, ” Tutup bang Izal

Sahabat pembaca, dari bincang santai dengan bang izal tentunya banyak sekali ilmu dan wawasan yang bermanfaat untuk kita terapkan didalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga dan masyarakat. Menyentuh hati ungkapan bang izal dengan ketulusan hatinya mengabdikan diri untuk masyarakat, walaupun saat ini karir politiknya sedang redup, akan tetapi sosoknya sangat di harapkan masyarakat untuk tampil di dalam kontes politik di tahun mendatang. (Sis)

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.