banner 728x250

Tanah Longsor di Desa Sabungan Nihuta, Samosir

  • Share

SAMOSIR, MEDIA TRANSPARANCY – Longsor sudah kerab terjadi setiap tahunnya lokasi Jalan Pelintasan dari Desa Huta Tinggi Kecamatan Pangururan menuju Desa Sabungan Kecamatan Ronggur Nihuta Kabupaten Samosir Propinsi Sumatera Utara, longsor hingga menutupi seluruh badan jalan disepanjang 20 meter kurang lebih.

Lokasi ini tidak berapa jauh dari sebutan Objek Wisata “Danau Di Atas Danau” atau Danau Sidihoni sebagai Icon objek wisata andalan daerah tersebut.

judul gambar

Kalau boleh telisik dalam perjalanan investigasi, Sabtu 30 Januari 2021 diduga ada unsur kesengajaan para oknum yang tidak bertanggung jawab yang melakukan pengerukan tanah atau dipergunakan untuk bahan baku Pembuatan Batu Bata Merah (Bata) dari lokasi rawan longsor.

Sehingga berdampak terjadinya Longsoran Material tanah setiap saat hingga ke jalan umum, hal ini dapat menjadi masukan kepada pemerintah daerah terkhusus Polisi Pamong Praja (Satpol PP) agar dilakukan pencegahan atau pelarangan pengambilan bahan material tanah dari lokasi tersebut karena berdampak dapat merusak fasilitas umum yaitu akses jalan kabupaten tersebut, Kata salah seorang Warga yang tidak mau disebut namanya kepada media ini.

Ketika hal ini dikonfirmasi Camat Ronggur Nihuta Pak Silalahi Minggu, (31/01/2021) mengatakan bahwa lokasi tersebut memang rawan longsor, dan sudah berulang-ulang longsor apalagi pada musim penghujan pada bulan-bulan Desember curah hujan agak lebat lae, ungkapnya.

lebih lanjut dia, memang sudah kita mohonkan kepihak PUPR Kabupaten Samosir agar dilakukan Dix Pengaman Jalan untuk menanggulangi tanah longsor yang kerab terjadi didaerah itu, mudah-mudahan tahun ini mereka bisa akomodir, apalagi ini terkait anggaran masa covid 19, tuturnya.

Ketika disinggung terkait masalah pihak oknum tak bertanggung-jawab mengambil bahan baku tanah liat untuk batu bata dari daerah itu, dia menjelaskan bahwa itu tidak benar ,ujarnya.

Lebih Lanjut selalahi menjelaskan, bahkan kita sempat sodorkan kepada mereka supaya mengambil tanah ada dilokasi jalan yang ditimpa longsor, supaya ikut mereka melakukan pembersihan ruas jalan, imbuhnya mengakhiri.

Reporter: Kharmel Sihotang
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *