Home BERITA TERBARU Bertahun-tahun Buang Limbah Sembarangan, Usaha Pencucian Tangki Kimia di Penjaringan Tidak Ditindak

Bertahun-tahun Buang Limbah Sembarangan, Usaha Pencucian Tangki Kimia di Penjaringan Tidak Ditindak

334
0

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Sebuah usaha yang berlokasi di Ruko Mitra Bahari, Penjaringan, Jakarta Utara membuang sembarangan limbahnya berupa air cucian bekas drum-drum dan tangki-tangki cairan kimia.

Pasalnya, limbah tersebut langsung dibuang ke saluran got tanpa ditampung dan diolah terlebih dahulu agar layak untuk dibuang, sehingga tidak mencemari lingkungan.

Aroma menyengat bau cairan kimia pun terhampar kepada para pengguna jalan di sekitarnya.

Parahnya, kendati kegiatan pembuangan limbah ini sudah bertahun-tahun, tapi usaha ini masih berjalan lancar dan tenang-tenang saja tanpa takut ditindak oleh instansi terkait khususnya Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Dikonfirmasi terkait kegiatan pembuangan limbah hasil usahanya, Sugito yang mengaku sebagai pemilik mengatakan bahwa dirinya yakin air yang dibuangnya sudah bersih dan aman.

“Bagi saya ini sudah bersih. Sebelum kami buang kami tampung terlebih dahulu,” kilah Sugito kepada mediatransparancy.com, Jumat (8/5/2020) di lokasi.

Sementara itu, salah seorang pengguna jalan yang merupakan warga sekitar mengeluh akan aktifitas pembuangan limbah oleh usaha tersebut.

Warga berpendapat, aktifitas pembuangan limbah yang dilakukan usaha tersebut telah mencemari lingkungan.

“Bau Pak setiap hari kalau lewat dari sini (Jalan Gedong Panjang). Semoga Pemkot Jakarta Utara dapat segera mengecek ke lokasi,” ujarnya singkat.

Hasil pantauan di lokasi, tempat penampungan yang dikatakan oleh pemilik tidak ada kelihatan fisiknya.

Tidak hanya itu, di lokasi juga ada salah seorang pekerja sedang membersihkan salah satu tangki, namun menggunakan kaos atribut Dinas Kehutanan.

Belum diketahui, apakah pekerja tersebut adalah seorang pegawai PJLP dari Dinas Kehutanan.

 

 

Penulis: MT1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here